Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 18 Sep 2021 06:11 WIB

TRAVEL NEWS

Jangan Kaget, Sekarang di Ethiopia Tahun 2014

bonauli
detikTravel
Perang saudara membuat ribuan warga Ethiopia mengungsi ke Sudan. Para pengungsi itu bertahan hidup di tengah keterbatasan bantuan obat-obatan di pengungsian.
Anak-anak Ethiopia (AP Photo/Nariman El-Mofty)
Addis Ababa -

Ethiopia memiliki kalender berbeda ketimbang yang dikenal dunia. Saat ini, di Eropa tahun 2014.

Dilansir dari BBC, Ethiopia punya sejarah panjang yang membuat penanggalan mereka berbeda. Ethiopia punya 13 bulan dalam satu tahun. Sehingga membuat mereka tertinggal tujuh tahun dari yang lain.

Saat ini kita sedang berada di tahun 2021, itu berarti masih tahun 2014 di Ethiophia. Awal September lalu, negara ini baru saja memasuki tahun 2014.

Sistem penanggalan yang unik disebabkan ketika Gereja Katolik mengubah penghitungan pada tahun 500. Gereja Ortodok di Ethiopia tidak mengikuti langkah tersebut. Akibatnya, sistem kalender di negara ini jadi tertinggal dibandingkan kalender Masehi.

Keunikan kalender Ethiopia ini terlihat jelas pada penghitungan bulan. Jadi ada bulan yang memiliki 30 hari, ada yang cuma lima hingga enam hari dalam setahun.

Selain kalendernya yang unik, penghitungan waktunya pun berbeda. Perhitungan hari mereka masih 24 jam seperti kita. Namun, pergantian harinya dimulai dari pukul 6 pagi.

Supaya lebih mudah, penyebutan jam di Ethiophia dikurangi 6 jam dari waktu internasional. Jadi kalau pukul 07.00 waktu internasional akan disebut jam 1 di Ethiopia. Sementara itu, saat pukul 18.00 waktu internasional disebut jam 12.

Selain itu, karena Ethiopia hanya mengenal penyebutan waktu 12 jam (seperti perhitungan AM/PM) yang dimulai dari jam 00.00 waktu Ethiopia (06.00 pagi waktu internasional), maka bila waktu telah melampaui jam 12.00 maka penyebutan waktu dimulai kembali dengan pukul 1. Dengan demikian jam 19.00 (jam 7 malam) disebut sebagai jam 1 (malam).

Makanya, harus hati-hati kalau bikin janji di Ethiopia sebagai pendatang. Niatnya ngajakin kawan untuk minum kopi pukul 10.00 pagi, bisa jadi ia malah muncul pada pukul 16.00 sore.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ethiopia Usir 7 Perwakilan PBB Karena Dinilai Memihak Militer Tigray"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA