Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 06 Sep 2021 22:12 WIB

TRAVEL NEWS

Jamaah yang Mau ke Arab Saudi Diimbau Vaksin Lengkap, Ini 6 yang Diakui

Tim detikcom
detikTravel
Saat ini pemerintah Arab Saudi telah membuka kembali untuk umroh dan haji di jamaah negara internasional. Tetapi tidak semua negara bisa masuk karena alasan tertentu dan jenis vaksin yang tidak diakui oleh Saudi Arabia. Lalu bagaimana nasib  para jamaah umroh dan haji Indonesia?
Foto: Getty Images
Jakarta -

Pemerintah Arab Saudi telah membuka pelaksanaan umrah untuk jemaah haji internasional mulai Senin (9/8). Namun, Indonesia masih termasuk ke dalam negara yang menghadapi larangan perjalanan ke Arab Saudi bersama negara lainnya seperti India, Pakistan, Mesir, Argentina, Brazil, Afrika Selatan, Uni Emirat Arab, Ethiopia dan Vietnam.

Adapun perjalanan haji jemaah asal Indonesia hanya tinggal menanti sinyal dari pemerintah Arab Saudi. Hanya saja, vaksin dosis penuh menjadi salah satu syarat utama.

Kepala Pusat Kesehatan Haji, dr. Budi Sylvana, mengingatkan jemaah haji agar selalu mempersiapkan kesehatannya sejak dini dengan melakukan vaksinasi secara lengkap.

"Kami ingin jemaah haji yang belum divaksinasi COVID-19, segera melakukan vaksinasi secara lengkap tanpa menunggu kalau berangkat haji, sehingga masyarakat Indonesia lepas dari pandemi COVID-19," ujarnya dikutip dari laman Kemenkes, Senin (6/9/2021).

Menurutnya, hal ini juga demi kepentingan para jamaah. Sehingga ketika nanti para jamaah dapat kepastian berangkat, berada dalam kondisi sehat. "Dan jemaah haji dapat diberangkatkan ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji," imbuhnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan jemaah haji penting agar menyiapkan kesehatannya baik pada saat kondisi normal maupun pandemi. Sebab, risiko penularan bisa saja terjadi meski dalam situasi kasus COVID-19 yang menurun.

Selanjutnya: Vaksin yang diterima Pemerintah Arab Saudi

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA