Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 20 Sep 2021 09:40 WIB

TRAVEL NEWS

Dinas Pariwisata DIY Usul Tambah 5 Destinasi Wisata Untuk Diuji Coba Buka

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo
Foto: Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Kepala Dinas Pariwisata DI Yogyakarta Singgih Raharjo menuturkan akan ada 5 destinasi wisata di DIY yang menjalani uji coba buka operasional untuk wisatawan. Apa saja?

Sejauh ini baru 3 destinasi wisata yang diuji coba buka yakni Gembira Loka Zoo, Hutan Pinus Mangunan dan Taman Tebing Breksi yang mulai beroperasi secara bertahap sejak Senin (13/9).

"Dalam waktu dekat akan menyusul ada lima (destinasi wisata) yang baru. Semuanya wisata outdoor dan non air. Tersebar di kabupaten kota," kata Singgih kepada wartawan.

Tambahan destinasi wisata ini merupakan usulan dari masing-masing kabupaten/kota. Akan tetapi, Singgih belum membeberkan objek wisata mana saja yang akan uji coba karena masih dalam pembahasan.

"Pastinya ini usulan dari masing-masing wilayah. Seperti Sleman kemarin kan sempat usulkan 21 destinasi wisata. Itu kami pikirkan," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Sleman Suparmono mengatakan dari 5 destinasi wisata yang diusulkan ia memperkirakan di Sleman bakal ada tambahan 1 objek wisata yang uji coba.

"Begini kalau DIY ada 5 kan pasti Sleman paling ketambahan 1. Bupati bicara kalau ada penambahan satu mungkin akan ditaruh di Sleman barat biar ekonominya merata gitu ya," kata Pram.

Dijelaskannya, desa wisata Grogol yang akan diajukan untuk bisa buka uji coba. Ia mengatakan salah satu syarat destinasi wisata buka yakni harus mengantungi sertifikat CHSE dan desa wisata Grogol sudah mengantungi syarat itu.

"Bu Bupati sepertinya (ingin) desa wisataGrogol itu sepertinya satu-satunya desa wisata di Pulau Jawa yang sudahCHSE. Barang kali nanti kalau itu ya nanti kami siapkan," katanya.

Lebih lanjut, Pram mengatakan pihaknya terus menggenjot vaksinasi untuk pelaku wisata dan masyarakat sekitar destinasi wisata. Sejauh ini, sudah 97 persen pelaku wisata dari 21 destinasi yang mendapat suntikan vaksin.

"Kalau pengelola yang dari 21 objek yang tempo hari kita usulkan itu sudah 97 persen, dari 900 sekian pengelola itu 97,3 persen sudah tervaksin," pungkasnya di Yogyakarta.



Simak Video "Melihat Persiapan Pembukaan Kembali Taman Pintar Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA