Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 30 Sep 2021 19:17 WIB

TRAVEL NEWS

Maskapai yang Layani Anak-anak Terbang Tanpa Pendamping, Syaratnya Apa Saja?

Syanti Mustika
detikTravel
Ilustrasi anak buka pintu darurat pesawat Citilink
Foto: Getty Images/ArtMarie
Jakarta -

Unaccompanied Minor atau penumpang anak-anak tanpa pendamping bisa difasilitasi oleh beberapa maskapai. Berikut maskapai yang bisa dinaiki unaccompanied minor.

Anak-anak dalam pesawat menjadi isu hangat setelah insiden anak-anak melepas penutup tuas pintu darurat Citilink. Lengahnya pengawasan orang tua yang membawa anak adalah hal yang fatal dalam penerbangan.

Nah, bagaimana bila kita dalam kondisi tidak bis bepergian dengan anak, dan terpaksa melepas anak terbang sendiri di pesawat? Ternyata ada maskapai yang menyediakan layanan Unaccompanied Minor, yaitu penumpang di bawah umur yang bepergian sendiri tanpa orang dewasa.

Tentu ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus disiapkan oleh orang tua yang melepas anaknya pergi tanpa pendamping di pesawat.

detikcom telah merangkum beberapa maskapai dan persyaratannya yang bisa traveler jadikan referensi untuk digunakan nantinya.

1. Garuda Indonesia

Dalam websitenya, Garuda Indonesia menerangkan penumpang anak-anak tanpa pendamping dengan syarat berikut.

- Berusia antara 6-7 tahun dapat bepergian tanpa pendamping pada penerbangan langsung dari asal ke tujuan tanpa pergantian pesawat.

- Berusia antara 8-12 tahun dapat bepergian tanpa pendamping, baik pada penerbangan non-stop maupun penerbangan lanjutan (dengan atau tanpa pergantian pesawat).

- Khusus untuk penerbangan yang dioperasikan oleh Garuda Indonesia.

- Harga rute domestik untuk penerbangan Non-Stop Rp 175 ribu, dan penerbangan lanjutan atau transit Rp 300 ribu. Sedangkan rute internasional penerbangan non stop USD 30 dan penerbangan lanjutan atau transit USD 50. Untuk penerbangan non-stop, harga diterapkan per sektor dan pajak tidak diterapkan pada sector Internasional

- Kondisi Penerimaan
1. Anak-anak tanpa pendamping harus dalam keadaan sehat saat bepergian.
2. Anak-anak tanpa pendamping harus memiliki dokumen perjalanan yang sah, paspor, sertifikat kesehatan, visa, dll.
3. Menyertakan nama orang yang akan menjemput di terminal kedatangan.


2. Cathay Pacific

Traveler dapat memesan penerbangan untuk anak yang bepergian sendiri dengan menghubungi kantor reservasi atau agen perjalanan Cathay Pacific. Daalm websitenya mereka menuliskan bisa dihubungi 24 jam sebelum penerbangan untuk menjadwalkan layanan Anak di bawah usia tanpa pendamping.

Saat memesan dengan menghubungi kantor reservasi Cathay Pacific, bawalah semua dokumentasi terkait, termasuk nama lengkap orang dewasa di titik keberangkatan, nama lengkap orang dewasa di titik kedatangan, informasi kontak (nomor ponsel) untuk keberangkatan dan kedatangan.

Layanan Anak di bawah usia tanpa pendamping tidak dapat diajukan secara online. Juga ada beberapa syarat khusus yang diberlakukan oleh beberapa negara tujuan yang bisa kamu cek langsung dalam website Cathay.

3. Singapore Airlines

Daalm websitenya, Singapore Airlines menuliskan anak di Bawah Umur Tanpa Pendamping adalah penumpang yang berusia antara 5 hingga kurang dari 18 tahun yang tidak bepergian dengan orang dewasa (18 tahun atau lebih tua) dengan penerbangan dan kelas perjalanan yang sama.

Jika anak Anda berusia di bawah 5 tahun, demi keselamatan mereka, mereka tidak dapat membiarkan anak-anak bepergian tanpa didampingi. Layanan penanganan Anak di Bawah Umur Tanpa Pendamping adalah wajib bagi penumpang yang berusia 5 hingga di bawah 12 tahun dan opsional untuk penumpang berusia 12 hingga di bawah 18 tahun.

Perhatikan bahwa jika traveler memilih Layanan Anak di Bawah Umur Tanpa Pendamping, hanya dapat memesan tiket anak dengan menghubungi kantor Singapore Airlines setempat.

Kebijakan Singapore Airlines, untuk anak di bawah 5 tahun tidak diperbolehkan terbang tanpa pendamping. Bagi 5-12 tahun, untuk membuat pemesanan hubungi Kantor Singapore Airlines di kota setempat, lalu lengkapi dan kirimkan Formulir Layanan Penanganan Anak di Bawah Umur Tanpa Pendamping.

Bagi 12 - 18 tahun, bisa opsional untuk mendapatkan layanan penanganan anak di bawah umur tanpa pendamping. Untuk pemesanan tiket dan mengajukan layanan Anak di Bawah Umur Tanpa Pendamping, silahkan hubungi Kantor Singapore Airlines setempat, lalu lengkapi Formulir Layanan Penanganan Anak di Bawah Umur Tanpa Pendamping. Harap perhatikan bahwa layanan ini dikenakan biaya.

Jika tidak menginginkan layanan ini, kamu dapat memesan tiket anak secara online. Di saat memesan tiket anak Anda bersama kami, silahkan unduh dan lengkapi Formulir Layanan Penanganan Anak di Bawah Umur Tanpa Pendamping dan tunjukkan ketika check-in.

4. Qantas

Dalam websitenya, Qantas menawarkan layanan dengan beragam fasilitas, seperti ruang terpisah saat transit bagi anak di bawah umur yang bepergian tanpa pendamping di Bandara Brisbane, Sydney, Melbourne, Perth, Cairns, dan Adelaide, serta pendampingan di Imigrasi dan Bea Cukai oleh Petugas Layanan Pelanggan Qantas untuk penerbangan internasional.

Mereka juga menawarkan layanan ini pada penerbangan penghubung Qantas tertentu dan kamu dapat memesan secara online dengan mudah untuk penerbangan domestik. Biaya pengawasan sebesar A$50 untuk penerbangan domestik dan A$90 untuk penerbangan internasional akan berlaku per anak di bawah umur tanpa pendamping per destinasi.

Biaya ini digunakan untuk menanggung biaya layanan dan fasilitas tambahan yang diperlukan untuk memberikan pengalaman penerbangan yang nyaman dan menyenangkan bagi anak-anak yang bepergian sendiri. Layanan dan fasilitas tambahan ini tidak diperlukan bagi anak-anak yang bepergian bersama orang tua, wali, atau saudara kandung berumur 15 tahun ke atas.

Selain biaya pengawasan di atas, terdapat pula biaya layanan tambahan sebesar A$50 untuk penerbangan domestik dan A$90 untuk penerbangan internasional per anak di bawah umur yang bepergian tanpa pendamping per pemesanan yang dilakukan di bandara. Qantas menyarankan Anda membuat pemesanan bagi anak di bawah umur tanpa pendamping secara online, sebelum perjalanan.

Selanjutnya Emirates:

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA