Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 04 Okt 2021 10:05 WIB

TRAVEL NEWS

Per Senin Ini Zona Hijau di RI Bertambah, PPKM Diperpanjang Gak Ya?

CNBC Indonesia
detikTravel
Pemprov DKI mengklaim Jakarta sudah masuk zona hijau COVID-19. Aktivitas warga pun terpantau sedikit meningkat dari saat awal-awal PPKM. Faktanya?
Ilustrasi (Andhika Prasetya/detikcom)
Jakarta -

Hari ini menjadi batas perpanjangan PPKM termutakhir, sementara zona hijau COVID-19 terus bertambah. Kira-kira PPKM diperpanjang gak ya?

Zona hijau alias wilayah yang tidak memiliki kasus COVID-19 di Indonesia kembali bertambah. Dari dua di pekan lalu, kini jumlahnya menjadi tiga wilayah.

Hal tersebut terungkap dalam Peta Zonasi Risiko COVID-19 terbaru yang dipublikasikan di laman covid19.go.id, seperti dikutip detikTravel Senin (4/10/2021). Ini merupakan data per 26 September 2021.

Data ini merupakan hasil pembobotan skor dan zonasi risiko daerah yang diperbaharui secara mingguan. Adapun data ini sebelumnya diperbaharui pada 19 September 2021 lalu.

Pada 19 September lalu, zona hjiau berada di Pegunungan Arfak, Papua Barat dan Intan Jaya, Papua. Kini, zona hijau bertambah satu di Mankowari Selatan, Papua Barat.

Dalam dua pekan berturut-turut, Indonesia sendiri telah terbebas dari belenggu zona merah COVID-19. Artinya, tak ada lagi wilayah berisiko tinggi penularan virus.

Terbebasnya wilayah Indonesia dari zona merah sejalan dengan semakin terkendalinya penyebaran virus. Menjelang akhir September, kasus COVID-19 semakin terkendali,

Lantas, bagaimana dengan DKI Jakarta dan sekitarnya?

Seluruh wilayah DKI Jakarta kini masuk zona kuning alias risiko rendah. Begitu pun mayoritas wilayah pulau Jawa lain seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur.

Hingga saat ini, tercatat hanya ada satu wilayah yang masuk zona oranye alias wilayah berisiko sedang yaitu di Purbalingga, Jawa Tengah. Selain itu, semua masuk dalam status zona kuning.

Namun, mayoritas zona oranye masih berada di luar pulau Jawa seperti di Sumatera Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Papua, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Utara dan Aceh.



Simak Video "Daftar 37 Wilayah Kab/Kota Zona Hijau Covid-19 di RI"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA