Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 05 Okt 2021 13:11 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga Siap Bawa Tempe Mendunia

Menparekraf Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja di Banyuwangi. Sandi menyebut Banyuwangi salah satu etalase ekonomi kreatif terbaik di Indonesia.
Foto: Menparekraf Sandiaga Uno (Ardian Fanani/detikcom)
Jakarta -

Lewat diplomasi gastronomi, Menparekraf Sandiaga Uno siap membawa tempe mendunia. Sandiaga ingin membawa tempe sama terkenalnya dengan batik dan wayang.

Muncul wacana Indonesia akan mendaftarkan tempe sebagai Warisan Budaya UNESCO. Menparekraf Sandiaga Uno menyebut dirinya adalah penggemar tempe. Untuk itu, dia siap untuk membawa tempe lebih mendunia.

"Saya ini penggemar tempe. Begitu tempe menjadi isu yang viral, ternyata tempe ini banyak peminatnya. Kami akan terus berkoordinasi dengan kementerian lembaga lainnya tentang bagaimana tempe ini bisa menjadi keunggulan Indonesia," ungkap Sandiaga Uno.

Sandiaga sendiri telah berkoordinasi dengan Kemenlu, Kemendag, Kementerian Koperasi dan UKM. Tak hanya itu, perwakilan RI di seluruh dunia juga akan dilibatkan dalam mengenalkan tempe ke dunia.

Kemenlu sendiri telah melakukan diplomasi gastronomi melalui KBRI dengan menggelar sejumlah event di luar negeri. Salah satu hasilnya, jaringan supermarket di Jepang akan memasarkan tempe dari Indonesia.

"Kabar gembira dari konsulat kita di Osaka, sebentar lagi konsumen tempe diKansai, Jepang, dapat menikmati tempe Indonesia di jaringan supermarket Gyomu-supa," terang Sandiaga Uno.

Tempe merupakan bagian dari Indonesia Spice Up the World. Program ini akan berlangsung sampai dengan tahun 2024 untuk mengenalkan kuliner Indonesia seperti tempe agar lebih mendunia.

Kemenparekraf juga punya program Tempe for Life sebagai pengenalan produk tempe ke dunia. Kemenparekraf bahkan akan bekerja sama dengan Google dan memuat tempe ke dalam Google Art and Cultures.

"Ini harapan kita, bukan hanya kita dikenal untuk batik, wayang atau keris, tapi juga tempe ke depannya," pungkas Sandiaga Uno.



Simak Video "Konten Kreatif Bantu Promosi Desa Wisata, Sandiaga Benahi Jaringan Internet"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA