Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 06 Okt 2021 15:10 WIB

TRAVEL NEWS

Tempat Ini Disebut Neraka Dunia Rusia, Jutaan Orang Tewas di Penjara

Tim detikcom
detikTravel
Ilustrasi Penjara, Sel, Lapas, Jeruji Besi
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Moskow -

Aparat Rusia tengah menyelidiki kasus penyiksaan tahanan di klinik penjara di Rusia. Rekaman video penyiksaan bocor ke publik yang dikumpulkan oleh aktivis anti-penyiksaan Gulagu.net.

Gulagu.net mengklaim mendapatkan lebih dari 1.000 file video yang diduga menunjukkan tindak penyiksaan aparat di berbagai penjara di negara tersebut.

Pada Senin (4/10) tengah malam waktu setempat, pihak Gulagu.net mempublikasikan sebuah video yang menunjukkan seorang pria telanjang disodomi dengan tongkat di rumah sakit penjara yang merawat pasien tuberkulosis di kota Saratov. Pria yang diikat ke tempat tidur itu terdengar berteriak kesakitan.

Berbicara kepada AFP, Vladimir Osechkin yang mengelola Gulagu.net menuturkan kelompoknya menerima video tersebut dan beberapa video lainnya -- diduga direkam dengan peralatan penjara -- dari seorang warga negara Belarusia yang pernah dibui di Saratov.

Warga Belarusia yang tidak disebut namanya itu, dibebaskan pada Februari lalu dan mengirimkan beberapa rekaman video ke Gulagu.net sejak Maret.

"Kami menyebutnya sebagai Snowden Belarusia kami," sebut Osechkin yang tinggal di Prancis.

"Ini pertama kalinya pembela hak asasi manusia mendapatkan sejumlah besar informasi yang membuktikan sifat penyiksaan sistemik di Rusia," imbuhnya.

Kisah Penjara Gulag

Terlepas dari kasus yang baru mencuat ke publik itu, nama Gulag memang memberikan kesan sendiri buat warga Rusia. Penjara Gulag (Glavnoe Upravlenie Lagerei) yang ada di zaman Stalin berkuasa ini disebut-sebut sebagai penjara paling mematikan di dunia. Jutaan orang tewas di sini.

Josef Stalin adalah pemimpin Rusia yang terkenal sebagai diktator. Ia memerintah pada tahun 1922-1953. Dijuluki sebagai steel man, Stalin diperkirakan memerintahkan untuk membunuh sekitar 30 juta jiwa warga Rusia dan negara sekitarnya.

Para penentang Stalin pun dikumpulkan dalam tempat khusus, yaitu Penjara Gulag. Kehadiran Penjaga Gulag tak ubahnya seperti pabrik kematian.

Betapa tidak, jumlah orang yang meninggal di penjara ini diperkirakan lebih dari 40 juta jiwa. Jumlahnya 7 kali lebih banyak dari jumlah korban yang meninggal akibat bencana. Keangkeran Gulag sebagai penjara paling mematikan semakin kuat karena lokasinya ada di tengah Hutan Taga, Siberia, Rusia.

Yang membuat penjara ini semakin mengerikan, sebagian besar tahanan dihukum dengan keadaan yang menyedihkan. Ada yang dibunuh algojo ada pula yang meninggal karena kelaparan.

Para narapidana juga diminta untuk bekerja. Kemudian mereka kembali ke dalam kamp kayu yang dilindungi pagar atau kawat berduri, seperti yang ditulis situs Gulag History.

Saat ini, Penjara Gulag sudah tidak beroperasi lagi, dan ditutup sejak tahun 1953, seiring dengan kematian Stalin. Meski begitu, jika berani datang, Anda masih bisa melihat bekas-bekas reruntuhan bangunan.



Simak Video "Air Terjun Dwi Mbai, Serunya Tiup-tiup Bikin Gelembung Bubble Sambil Menikmati Alam, Sumbawa"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA