Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 06 Okt 2021 20:40 WIB

TRAVEL NEWS

Sudah Ada Sebelum Indonesia Merdeka, Ini Kampung Wisata Rajut Binong Jati

Wisma Putra
detikTravel
Kampung Wisata Rajut Binong Jati
Kampung Wisata Rajut Binong Jati (Wisma Putera/detikcom)
Bandung -

Setelah Kampung Wisata Braga dan Cigadung, Pemerintah Kota Bandung kembali meresmikan Kampung Wisata Binong Jati yang berada di Kecamatan Batununggal.

Kampung Wisata Binong Jati dikenal dengan produk rajut yang sudah dikenal puluhan tahun lalu bahkan sudah melanglang buana karena sudah diekspor ke sejumlah negara.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Bandung Eric M Attauriq mengatakan, wilayah Binong Jati merupakan salah satu sentra industri di Kota Bandung.

"Sentra rajut Binong Jati ini sudah ada sebelum kemerdekaan Indonesia, sekarang sudah masuk ke generasi keempat dan tiap generasi ini tumbuh berkembang bahkan surut," kata Eric usai peresmian, Rabu (6/10/2021).

Meski dihantam pandemi COVID-19, potensi produk rajut Binong Jati masih ada, karena keunggulan dalam pengembangan kepariwisataan dan perkembangan kota Binong Jati tetap ditetapkan sebagai salah satu sentra industri.

"Sekarang dengan perkembangan perundang-undangan, situasi dan kondisi dan memiliki perda ekonomi kreatif diharapkan Binong Jati ini menjadi kampung wisata kreatif sebagai lokomotif pertumbuhan ekonomi khususnya perkembangan rajut di Binong Jati," ungkapnya.

Kampung Wisata Rajut Binong JatiKampung Wisata Rajut Binong Jati Foto: (Wisma Putera/detikcom)

Menurut Eric karena masih masa pandemi COVID-19, banyak perajin yang memasarkan produknya secara daring. Meski demikian ada juga yang datang langsung ke tempat-tempat pelaku UKM rajut ini.

"Sementara ini masih hybrid, karena situasi dan kondisi digitalisasi masih menjadi keharusan. Mereka menyampaikan sekarang bukan lagi pilihan tapi sebuah kebutuhan dan di sisi lain kita ingin jadikan kampung wisata ini memiliki suatu budaya tersendiri dan diharapkan datang ke sini tidak hanya berbelanja tetapi lihat sejarahnya," ujarnya.

Kampung Wisata Rajut Binong JatiKampung Wisata Rajut Binong Jati Foto: (Wisma Putera/detikcom)

Pihaknya saat ini bersama Kecamatan Batununggal dan Disbudpar Kota Bandung sedang memikirkan terkait tempat yang bisa dijadikan galeri khusus untuk mengenakan sejarah rajut Binong Jati ini.

"Ini yang kita cita-citakan ada sebuah tempat dan lokasi di sana ada semacam biorama dan perkembangnya Binong Jati di masa penjajahan Jepang dan Belanda dan bagaimana eksistensinya seperti apa," tuturnya.

Eric juga menjelaskan, tidak hanya Disbudpar Kota Bandung Dinas lain juga dilibatkan untuk memajukan kampung wisata ini.

"Pelaku mikro ditangani oleh dinas KUKM termasuk pekoperasiannya dibina kembali, Disdagin pemasaran lokal maupun internasionalnya dan Disbudpar sebagai lokomotif, kita akan coba di sektor infrastrukturnya, kita minta ke Pak Camat mempersiapkan konsepnya dan segera mengusulkan kepada Wali Kota Bandung untuk infrastrukturnya sehingga pembangunan dan ekonomi menjadi kesatuan Kampung Wisata Binong Jati," jelasnya.

Kampung Wisata Rajut Binong JatiKampung Wisata Rajut Binong Jati Foto: (Wisma Putera/detikcom)

Kadisbudpar Kota Bandung Dewi Kania Sari mengatakan, sudah ada tiga Kampung Wisata yang diresmikan Pemkot Bandung do antaranya Kampung Wisata Braga, Cigadung dan Binong Jati.

Dewi menyebut, dalam waktu dekat juga bakal ada kampung wisata yang akan diresmikan kembali Pemkot Bandung yakni Kampung Wisata Literasi di Kecamatan Cinambo.

"Nanti ke depan ada Cinambo, Cinambo untuk Kampung Wisata Literasi. Literasinya sudah bagus dan luar biasa," ujarnya.



Simak Video "Redam Aksi Geng Motor, Patroli Gabungan Diterjunkan"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA