Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 07 Okt 2021 11:40 WIB

TRAVEL NEWS

Diresmikan Sandiaga Uno, Inilah Desa Wisata Terbaik dari Dieng

Uje Hartono
detikTravel
Banjarnegara -

Salah satu desa wisata di dataran tinggi Dieng masuk 50 besar desa wisata terbaik Indonesia. Peresmiannya dilakukan langsung oleh Menparekraf Sandiaga Uno.

Desa wisata terbaik di Dieng tersebut adalah Desa Dieng Kulon Kecamatan Batur, Banjarnegara. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi (Menparekraf) Sandiaga Uno datang langsung ke desa yang dikenal negeri di atas awan tersebut.

Sandiaga disambut dengan seni tari Lengger dan tari rampak yakso sebelum masuk ke rumah budaya di area komplek Candi Arjuna. Ia juga menyempatkan melihat potensi wisata Dieng seperti makanan khas Dieng mie ongklok dan homestay berbentuk candi.

"Selamat kepada Desa Dieng Kulon masuk 50 besar desa terbaik se-Indonesia," ujarnya saat ditemui di Desa Dieng Kulon, Rabu (6/10/2021).

Sandiaga menyebut, potensi alam, budaya serta kuliner yang ada di Desa Dieng Kulon menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Bahkan kawasan wisata di Desa Dieng Kulon ini disebut seperti di Swiss.

"Potensi wisata di sini luar biasa. Dari potensi alam, budaya dan kuliner. Bahkan istri saya tadi menyebut mirip bahkan melebihi di Swiss," ucapnya.

Sandiaga Uno resmikan desa Dieng KulonSandiaga Uno resmikan desa Dieng Kulon Foto: Uje Hartono/detikcom

Desa Dieng Kulon menjadi salah satu dari 50 desa wisata terbaik se-Indonesia. 50 desa wisata tersebut telah disaring dari jumlah keseluruhan 1831 desa wisata se-Indonesia.

"Tim juri sudah datang langsung ke Dieng. Semoga desa wisata Dieng Kulon ini bisa juara. Ada 7 kriteria yang dinilai. Seperti keberadaan toilet, homestay, konten kreatif dan lainnya," terangnya.

Ketua Pokdarwis Dieng Pandawa Alif Fauzi menambahkan, dengan masuknya desa Dieng Kulon ke 50 besar desa wisata terbaik se-Indonesia akan berdampak besar bagi masyarakat Dieng. Tidak hanya pemilik homestay namun juga para pedagang di kawasan wisata dataran tinggi Dieng.

"Dengan masuknya Desa Dieng Kulon menjadi 50 besar desa wisata terbaik se-Indonesia ini menjadi multiplayer efek. Mulai dari penjual bakso, oleh-oleh, pemilik homestay dan lainnya. Namun demikian harapan kami desa wisata Dieng Kulon ini bisa juara," kata dia.

(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA