Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 09 Okt 2021 22:00 WIB

TRAVEL NEWS

Curhat ke Sandiaga, Pedagang Tebing Breksi Keluhkan Omzet yang Turun 50%

Sandiaga awalnya meninjau lokasi di Tebing Breksi yang memajang beberapa produk UMKM dari BUMDes Sambi Mulyo.
Sandiaga Uno di Tebing Breksi Foto: Kemenparekraf
Sleman -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memborong dagangan produk UMKM yang ada di kawasan Tebing Breksi di Desa Sambirejo, Sleman, DI Yogyakarta. Bagaimana ceritanya?

Sandiaga awalnya meninjau lokasi di Tebing Breksi yang memajang beberapa produk UMKM dari BUMDes Sambi Mulyo. Ia kemudian dicurhati oleh pelaku UMKM. Salah satunya adalah pasangan suami istri Aan dan Sukaryati yang menjual penganan kecil berupa kripik sayur yang diberi nama "Permana Snack".

Aan cerita bahwa pandemi memberikan dampak yang besar terhadap usahanya karena menurunnya jumlah wisatawan yang datang. "Omzetnya turun sampai 50 persen. Biasanya bisa sampai 500 kilogram per bulan, sekarang cuma 200 kilogram," kata Aan.

Sandiaga awalnya meninjau lokasi di Tebing Breksi yang memajang beberapa produk UMKM dari BUMDes Sambi Mulyo. Ia kemudian dicurhati oleh pelaku UMKM.Sandiaga awalnya meninjau lokasi di Tebing Breksi yang memajang beberapa produk UMKM dari BUMDes Sambi Mulyo. Ia kemudian dicurhati oleh pelaku UMKM. Foto: Jauh Hari Wawan S

Aan yang berjualan keripik juga mengaku kesulitan dalam pemasaran. Kendati usahanya memiliki akun Instagram sebagai sarana promosi. "Kami juga kesulitan dalam pemasaran," katanya.

Sandiaga kemudian memberikan bantuan dengan mempromosikan produk UMKM itu lewat Instagram pribadinya.

"Saya bantu untuk buatin konten. Ayo netizen yang budiman beli secara online, kita dukung teman-teman UMKM kita untuk bangkit dan membuka lapangan kerja," kata Sandiaga.

Aan pun tak bisa menahan rasa harunya setelah dagangannya dipromosikan oleh Sandiga. Bahkan sebelum Sandiaga bergeser untuk meninjau lokasi selanjutnya, mantan Wagub DKI itu memutuskan untuk memborong dagangan Aan.

"Oke kita beli semua ini, kita borong. Total semuanya kita beli, saya dengar semuanya ini Rp 600 ribu," tutur Sandiaga.

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan dari Menparekraf Sandiaga Uno dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayahnya. Tebing Breksi juga telah dipilih sebagai salah satu destinasi wisata untuk dilakukan uji coba penerapan protokol kesehatan dan penerapan aplikasi PeduliLindungi.

"Kami tersanjung bahwa desa wisata ini masuk dalam 50 besar. Harapan kami bisa masuk 10 besar dan jadi juara. Harapan kami UMKM yang ada di desa ini terus berkembang sehingga ekonomi masyarakat juga berkembang, pendapatan masyarakat naik dan secepat mungkin Tebing Breksi ini bangkit," kata Danang Maharsa.

Selanjutnya Tentang Tebing Breksi

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Proses Check In PeduliLindungi di Tebing Breksi Terkendala Sinyal"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA