Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 11 Okt 2021 15:54 WIB

TRAVEL NEWS

Saat Sandiaga Habiskan Jutaan Rupiah demi Borong Produk UMKM Solo

Ari Purnomo
detikTravel
Sandiaga Ditemani Walikota Solo
Foto: Sandiaga Uno didampingi Gibran Rakabuming (Ari Purnomo/detikcom)
Solo -

Menparekraf Sandiaga Uno tampak memborong produk UMKM dalam lomba kegiatan Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) di De Tjolomadu, Solo. Dia habiskan jutaan rupiah!

Produk UMKM itu sangat menarik perhatian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno. Tidak heran jika Sandi sampai menghabiskan jutaan rupian untuk memborong produk berkualitas buatan dalam negeri tersebut.

"Tadi total habis Rp 3,4 juta (yang dibayar sendiri), tapi belum dapat laporan di belakang yang dibawa karena tambahan, karena habis, yang pertama, habisnya lumayan banyak," ujarnya kepada wartawan, Jumat (8/10/2021) pekan lalu.

Banyaknya uang yang dikeluarkan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu lantaran setiap produk dari UMKM ia beli. Mulai dari produk fashion, kriya hingga kuliner.

"Karena dibeliin semua tiap-tiap booth, dari produk kuliner, kriya, fashion, diambil," ungkapnya.

Produk-produk yang dibeli tersebut kata Sandi nantinya akan dibawa ke Jakarta untuk dipamerkan. Dengan begitu, maka produk UMKM ini akan semakin dikenal oleh masyarakat.

"Tapi intinya akan kita bawa ke Jakarta untuk dietalasekan dan showcase untuk membantu produk mereka," tutur Sandi.

Sandi juga mengakui bahwa produk UMKM saat ini mempunyai kualitas yang cukup bagus. Bahkan, kualitasnya sudah bisa disejajarkan dengan produk dari luar negeri.

Dia mencontohkan, produk tas dari kulit sapi yang dibuat tanpa jahitan yang dibelikan oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Menururnya, produk tersebut cukup bagus kualitasnya.

"UMKM ini terus kita dorong untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya. Di tengah pandemi UMKM naik dari 60 persen menjadi 62, 3 persen. Diprediksi di tahun 2025 akan menjadi 65 persen," ucapnya.

"Jadi rumusnya sangat simpel, kalau ingin tingkatkan lapangan kerja 97 persen itu adalah UMKM. Saya ingin dorong bangga buatan indonesia akan menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya," tutup Sandiaga Uno.



Simak Video "Konten Kreatif Bantu Promosi Desa Wisata, Sandiaga Benahi Jaringan Internet"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA