Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 13 Okt 2021 08:42 WIB

TRAVEL NEWS

Lindungi Labuan Bajo, Izin Bangun Hotel Bintang 4-5 Dimoratorium

bonauli
detikTravel
Wisatawan melihat komodo di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur.
Labuan Bajo (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Jakarta -

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 2022 berlangsung di Bali dan Labuan Bajo ketempatan sebagai venue side event-nya. Untuk mendukungnya, izin membangun hotel bintang 4-5 di Labuan Bajo dimoratorium mulai Oktober 2022.

"Izin pembangunan perhotelan di Labuan Bajo per Oktober 2022 akan ditutup dan ini khusus hotel bintang empat ke atas. Dimoratorium hingga 2030," kata Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina seperti dikutip dari Antara.

Shana mengatakan izin penutupan ini dilakukan untuk melindungi pasokan dan permintaan pengembangan Labuan Bajo, sehingga tercipta pariwisata berkualitas dan beriklim sehat.

"Karena itu, saat ini kita lagi percepat peningkatan investasi hotel bintang empat dan lima untuk mengisi minimal 2.000 kamar layak," ujar dia.

Namun, ia menyatakan bila izin bakal dibuka kembali maka dalam waktu enam bulan investor harus segera mengajukan izin pembangunan hotel berbintang. Jika tidak, setelah enam bulan izin usaha akan dicabut kembali.

Ia menuturkan data per 17 September 2021 lalu menunjukkan saat ini ada tiga hotel bintang empat di Labuan Bajo, kemudian ada dua hotel bintang lima. Sementara itu, hotel bintang tiga ada empat unit dan private resort ada dua unit.

Lebih lanjut, kata dia, walaupun izin pembangunan disetop sementara untuk hotel bintang 4-5, tapi pembangunan hotel bintang tiga ke bawah tetap diperbolehkan dan dikelola oleh Community Basis Tourism (CBT) atau pengusaha lokal.

"Hal ini sesuai dengan kesepakatan bersama antara Pemprov NTT dan pemerintah kabupaten Manggarai Barat," kata dia.

Labuan Bajo menjadi tuan rumah KTT G20 sepanjang Juni hingga September 2022.Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores menyebut setidaknya ada 11 hotel bintang 3 hingga bintang 5 dengan total kapasitas sebanyak 848 kamar yang siap menjadi akomodasi para tamu di acara itu. Saat ini, digeber penambahan 1.500 kamar dan ditargetkan tersedia pada 2022.

Labuan Bajo baru memiliki enak hotel dan 46 pelaku usaha tersertifikasi CHSE. Selain itu, sebanyak 261 operator tur atau agen tur yang datang dari lima asosiasi kapal yang secara legal terdaftar juga serta telah berintegrasi dalam satu sistem registrasi di dalam ekosistem digital.



Simak Video "Jokowi: Labuan Bajo Siap Menyambut Kedatangan Para Wisatawan"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA