Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 13 Okt 2021 10:09 WIB

TRAVEL NEWS

PON XX Papua, dari Sarang Semut sampai Noken, Oleh-oleh Khas Papua Laris Manis

Femi Diah
detikTravel
Pusat oleh-oleh di Mimika di Jl A. Yani laris manis saat PON Papua.
Pusat oleh-oleh di Mimika laris manis saat PON Papua. (Femi Diah/detikcom)
Timika -

Oleh-oleh khas Papua di Mimika diburu atlet dan ofisial PON XX 2021 Papua. Omset pemilik toko suvenir rata-rata naik tiga kali lipat.

Salah satu pusat oleh-oleh khas Papua yang menjadi jujugan atlet dan ofisial PON Papua ada di Jalan A. Yani, Mimika. Dari gantungan kunci, madu hitam, buah merah, sarang semut, kopi, hingga noken, dan kaus bergambar tentang Papua laku keras.

"Semua laku saat PON ini, mulai dari gantungan kunci, madu, kopi, laris. Sampai 50 persen lah kenaikan penjualannya," kata Guntur (45), pemilik Kamoro Art Shop.

Kamoro Art Shop yang sudah memiliki kios sejak akhir 1990-an menyediakan berbagai souvenir. Termasuk, ukiran raksasa khas patung Kamoro.

Pusat oleh-oleh di Mimika di Jl A. Yani laris manis saat PON Papua.Pusat oleh-oleh di Mimika di Jl A. Yani laris manis saat PON Papua. Foto: Femi Diah/detikcom

"Untuk suvenir gantungan kunci dan kerajinan tangan kami datangkan dari Jayapura. Tetapi, untuk barang-barang seni seperti ukiran ini dari Kamoro, asli sini," Guntur menjelaskan.

Kenaikan penjualan juga dialami oleh dua kios suvenir lain di Mimika, Alif Souvenir dan Kasuari Art Shop.

"Gila ini PON Papua bikin penjualan naik sampai tiga kali lipat. Sarang semut, madu, dan kopi yang paling laris. Sirup buah merah juga laku," kata Amin (42), pemilik Kasuari Art Shop.

Senada, Alif Souvenir juga happy dengan kenaikan gila-gilaan penjualan oleh-oleh selama PON Papua.

"Banyak yang ke sini sejak awal PON. Cukup signifikan kenaikan penjualannya, sampai tiga kali lipat. Semoga besok masih nambah lagi yang belanja di sini," ujar Rahmawati (38).

Pusat oleh-oleh di Mimika di Jl A. Yani laris manis saat PON Papua.Pusat oleh-oleh di Mimika di Jl A. Yani laris manis saat PON Papua. Foto: Femi Diah/detikcom

PON Papua memang sudah memasuki hari-hari terakhir. Ajang multievent olahraga paling akbar di Tanah Air itu ditutup 15 Oktober 2021. Selain dihelat di Mimika, PON terbagi di tiga klaster lain, yakni Jayapura, Kabupaten Jayapura, dan Merauke. Upacara pembukaan dan penutupan dihelat di Stadion Lukas Enembe di Jayapura.



Simak Video "Mau Nonton Langsung PON XX Papua? Simak Syaratnya di Sini"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA