Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 13 Okt 2021 11:30 WIB

TRAVEL NEWS

Maroko Disebut Setop Bebas Visa untuk WNI

CNN Indonesia
detikTravel
Situs Ksar Ait-Ben-Haddou
Ilustrasi Maroko (iStock)
Jakarta -

Pemerintah Maroko dikabarkan menghentikan kebijakan bebas visa berkunjung bagi warga Indonesia. Hal itu telah berlaku sejak Jumat pekan lalu.

Kabar penghentian bebas visa itu muncul setelah Kedutaan Besar RI di Rabat menganjurkan WNI mulai memproses pengajuan izin berkunjung jika ingin bepergian ke negara di Afrika Utara itu.

[Gambas:Instagram]



"Diumumkan kepada seluruh WNI yang berencana melakukan perjalanan ke Maroko, untuk memproses permintaan Visa dari Kedutaan Besar Maroko sebagai syarat masuk ke Maroko yang mulai diberlakukan otoritas Maroko pada Jumat, 8 Oktober 2021," kata KBRI Maroko melalui unggahan di akun Instagram pada Selasa (12/10)

Sebelumnya, Maroko merupakan satu dari sedikit negara yang memberikan bebas visa bagi warga Indonesia. Maroko memberikan bebas visa dengan kunjungan maksimal tiga bulan bagi WNI.

Hingga kini, belum jelas alasan Maroko menghentikan bebas visa bagi warga Indonesia. Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah, juga mengaku pihaknya belum mendapat kabar dari Maroko soal penghentian bebas visa WNI saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com.

Bab Bou Jeloud gate atau Gerbang Biru di Fez, MarokoBab Bou Jeloud gate atau Gerbang Biru di Fez, Maroko (Foto: Getty Images/iStockphoto/anibaltrejo)

Namun, Pemerintah Indonesia memang baru mencabut aturan bebas visa bagi warga Maroko terkait pandemi COVID-19.

Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI menangguhkan kebijakan bebas visa bagi warga Maroko dan 168 negara lainnya terkait pandemi COVID-19.

Ditjen Imigrasi menuturkan penghentian bebas visa itu berlaku sampai pemberitahuan selanjutnya.

Di masa pandemi, banyak negara di dunia memang kembali melakukan revisi terkait kebijakan visa masing-masing. Indonesia misalnya, akan kembali membuka perbatasan untuk turis pada 14 Oktober 2021 mendatang.



Simak Video "Maroko Selesai Menggelar Pemilu, Penghitungan Suara Dimulai"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA