Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 16 Okt 2021 14:25 WIB

TRAVEL NEWS

Hari Museum Indonesia, Sandiaga: Hadirkan Museum Berkelas Dunia

Sandiaga Uno saat menyambangi berbagai desa wisata di Jawa Tengah.
Foto: Menparekraf Sandiaga Uno (Kemenparekraf)
Jakarta -

Hari Museum Indonesia jatuh pada tanggal 12 Oktober 2021. Sandiaga berharap, ini menjadi momen bagi pengelola museum untuk beradaptasi, berinovasi dan berkolaborasi.

Dengan Langkah tersebut, Menparekraf Sandiaga Uno meyakini terwujudnya museum berkelas dunia yang mama membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Dia menilai museum akan menjadi mitra terbaik untuk membangun pariwisata Indonesia yang berkualitas dan berkelanjutan.

"Nilai utama pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan lingkungan itu berdasarkan pariwisata yang memiliki SDM terampil, kepuasan pengalaman, diversifikasi produk dan jasa serta adopsi teknologi," jelas Sandiaga Uno pada Sabtu (16/10/2021).

"Di masa pandemi COVID-19 ini, salah satu hal yang paling kita rasakan adalah bagaimana pariwisata dan ekonomi kreatif terdampak luar biasa. Oleh karena itu, covid-19 memaksa kita untuk berinovasi, beradaptasi dan berkolaborasi," jelasnya dalam acara Museum Talk Series bertajuk Museum, 'Sumber Inspirasi dan Ekonomi Kreatif' yang digelar Museum Bank Indonesia dan Komunitas Jelajah secara virtual, Sabtu (16/10/2021).

Sandiaga menuturkan, aspek inovasi meliputi pengembangan produk wisata tematik, sedangkan aspek adaptasi merujuk pada penerapan protokol kesehatan dan sertifikasi Cleanliness, Health, Safety dan Environment Sustainability (CHSE) di destinasi pariwisata sebagai suatu kenormalan baru.

Sementara, aspek kolaborasi dijelaskannya agar pelaku usaha pariwisata bisa menjadukan museum sebagai strategi mendapatkan keunggulan kompetitif dan komparatif dalam peningkatan berwisata bagi para wisatawan.

"Beberapa kajian akademis dan praktisi menyajikan studi terkait smart tourism yang melibatkan implementasi di museum. Jadi smart tourism ini ternyata banyak sekali dalam konteks museum," papar Sandiaga Uno.

"Di sudut pandang museum sebagai produk wisata, saya harap museum di Indonesia dapat menyamai museum-museum populer di dunia," ungkapnya.

Museum ternama di dunia tersebut di antaranya adalah Museum Louvre di Prancis, Museum Te Papa Tongarewa di New Zealand ataupun Museum of Modern Art (Moma) di New York. Museum-museum itu sudah lama mengimplementasikan teknologi dalam proses bisnisnya. Sehingga, tak hanya dikurasi dengan indah, tapi juge menyajikan sisi edukasi dari seluruh benda pameran.

"Saya juga melihat bahwa pemangku kepentingan kita susah mulai siap, mau dan mau, bahu membahu membangun museum-museum di Indonesia dalam konsep public private partnership. Sehingga smart tourism destination bisa kita wujudkan," jelas Sandiaga Uno.

"Mari kita bangun pariwisata, khususnya ekonomi kreatif berbasis museum sebagai produk wisata yang kita unggulan. Selamat Hari Museum Indonesia dan kita bangkitkan pariwisata Indonesia," ujarnya bersemangat.



Simak Video "Menparekraf Sandiaga Cicipi Aneka Kuliner Khas Makassar"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA