Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 17 Okt 2021 21:25 WIB

TRAVEL NEWS

Toilet Lembah Indah Malang, Bersih dan Ramah Disabilitas

Revitalisasi toilet di tempat wisata berlanjut. Setelah beberapa hari lalu di Bali, Kemenparekraf meresmikan toilet wisata di Lembah Indah, Kabupaten Malang.
Foto: Kemenparekraf
Malang -

Revitalisasi toilet di tempat wisata berlanjut. Setelah beberapa hari lalu di Bali, Kemenparekraf meresmikan toilet wisata di Lembah Indah, Kabupaten Malang.

Toilet wisata di Lembah Indah itu diresmikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Sabtu 16 Oktober.

"Hari ini saya sangat bahagia dan tersentuh karena program kita yang sudah dijalankan dari awal tahun, dengan bantuan Satgas Toilet Indonesia yang membantu pemerintah dengan inisiatif sendiri dengan kemitraan bersama dunia usaha, Alhamdulillah hari ini kita resmikan yaitu toilet wisata Lembah Indah Kabupaten Malang," kata Sandiaga dalam siaran pers yang diterima detikcom, Minggu (17/10/2021).

Toilet di destinasi wisata, menurutnya juga harus memiliki desain dan fasilitas yang baik memenuhi standar toilet nasional. Agar meningkatkan citra destinasi wisata yang berkualitas sehingga mempengaruhi peningkatan kunjungan wisatawan.

Lebih lanjut, Sandiaga juga menyampaikan bahwa toilet di destinasi wisata harus menerapkan CHSE/K4 (Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan), agar memberikan rasa nyaman wisatawan.

Toilet Ramah Disabilitas

Ia juga mengapresiasi toilet baru di Lembah Indah karena memiliki toilet yang ramah disabilitas. Hal ini telah sesuai dengan Undang-undang No 8 tahun 2016, bahwa akses infrastruktur yang berkeadilan harus diterapkan untuk para pelaku parekraf dan wisatawan khususnya penyandang disabilitas.

"Mudah-mudahan kita bisa bangkit di saat sulit, salam satu jiwa. Tadi saya sudah coba langsung menggunakan toilet yang standar dan melihat langsung yang disabilitas. Yang disabilitas ini dirancang memang jauh lebih luas agar mobilitas para penyandang disabilitas ini dapat terakomodasi terutama saat mereka harus menggunakan fasilitas mandi," ungkap Sandiaga Uno.

Revitalisasi toilet di tempat wisata berlanjut. Setelah beberapa hari lalu di Bali, Kemenparekraf meresmikan toilet wisata di Lembah Indah, Kabupaten Malang.Toilet Ramah Disabilitas di Lembah Indah Foto: Kemenparekraf

"Ini yang saya nyatakan bahwa ini pemandangan kelas dunia dan toiletnya kelas internasional. Jadi tidak usah jauh-jauh, berpartisipasi cukup di Lembah Indah Malang. Kami terus melakukan di saat yang sama secara serentak di beberapa titik di beberapa provinsi yang menjadi destinasi unggul wisata seperti di Bali, Danau Toba, Mandalika, Likupang, Labuhan Bajo, dan Borobudur juga kita sudah launching bersama-sama," kata Sandiaga Uno.

Lebih lanjut, Sandiaga menyatakan yang membuat perbedaan terkait pembangunan toilet wisata adalah partisipasi masyarakat, di mana pemerintah baik pusat maupun daerah tak mengeluarkan dana sepeser pun.

"Harapan kita adalah partisipasi masyarakat untuk mewujudkan toilet yang bersih dan higienis, saya dan Pak Bupati tidak mengeluarkan dana sepersen pun. Ini semua dikeluarkan teman-teman stakeholder yang ikut berkolaborasi. Ini saya apresiasi karena kebersihan adalah sebagian dari iman. Dan toilet yang bersih ini adalah yang terpenting. Boleh kita mendapatkan pemandangan dan kenangan yang sangat indah tapi begitu saat kita mau menggunakan toilet, lalu toilet tidak bersih maka kenangan itu akan sirna. Jadi ini yang dilakukan pak Firman betul-betul memberikan semangat dan motivasi untuk kita. Terima kasih untuk teman-teman Satgas Toilet Indonesia," jelas Sandiaga Uno.



Simak Video "Ijtima Ulama di Jogja Dukung Sandiaga Jadi Capres 2024"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA