Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 18 Okt 2021 05:01 WIB

TRAVEL NEWS

Thailand Berencana Buka Wisata, Warga: Jangan Dulu, Angka Vaksin Rendah

Femi Diah
detikTravel
Long exposure photo of Wat Arun temple in front of Chao Phraya river in Bangkok at dusk. Thailand
Kuil Wat Arun di tepi Sungai Chao Phraya, Bangkok. (Getty Images/Eloi_Omella)
Bangkok -

Mayoritas warga Thailand menentang rencana pembukaan gerbang untuk turis asing. Mereka beralasan situasi belum aman dari pandemi virus Corona.

Dikutip dari Straits Times, Senin (18/10/2021), hasil itu merujuk jajak pendapat terbaru yang dilakukan oleh Universitas Suan Dusit Rajabhat.

Mereka yang menolak rencana Thailand untuk membuka wisata khawatir turis-turis asing itu nantinya bisa memicu naiknya angka infeksi Covid-19. Apalagi, belum banyak jumlah warga yang divaksin menjadi alasan lain penolakan tersebut.

Survei itu melakukan jajak pendapat kepada 1.392 responden. Isinya, tentang rencana Perdana Menteri Prayut Chan-o-cha memperbolehkan turis asing yang telah divaksinasi penuh untuk masuk Thailand per 1 November mendatang.

Hasilnya 59,68% responden menolak rencana tersebut. Sebanyak 60,10% responden menyebut saat ini bukan waktu yang tepat untuk membuka kembali wisata Thailand.

Para responden juga mengatakan Thailand bisa membuka pintu untuk turis asing asalkan lebih dari 70% populasinya telah divaksinasi. Syarat lainnya, setelah wabah dapat dikendalikan serta fasilitas kesehatan juga dilaporkan menghadapi keberadaan variasi dari virus tersebut.

Cakupan vaksinasi di Thailand memang belum terlalu tinggi. Baru Bangkok yang mencatatkan lebih dari 65% warganya telah divaksin penuh atau hanya 35% dari total nasional.

Namun memang tak semua responden menolak rencana pemerintah. Mereka yang merupakan pemilik bisnis dan karyawan ingin Thailand bisa kembali dibuka, namun juga menambahkan prihatin atas infeksi baru.

Thailand bersiap membuka kembali negaranya mulai 1 November 2021. Di bulan ini biasanya Thailand mengalami pick season pariwisata.

Diperkirakan total 180 ribu turis asing yang datang ke Thailand, ungkap Kasikom. Jumlah itu 30 ribu lebih banyak dari perkiraan sebelumnya, yang akan menghasilkan pendapatan 13,5 miliar baht (sekitar Rp 5,6 triliun).

Pusat Penelitian Kasikom menyebut keputusan itu menjadi dorongan untuk industri pariwisata dan pertumbuhan positif ekonomi yang diharapkan terjadi tahun depan. Itu dengan catatan situasi Covid-19 di Thailand dapat dikelola dengan baik.

Lembaga itu memprediksi turis asing yang datang ke Thailand naik mencapai 64%.



Simak Video "Thailand Siap Sambut Wisatawan Asing dan Tak Perlu Karantina"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA