Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 19 Okt 2021 10:50 WIB

TRAVEL NEWS

Berkunjung ke Garut, Sandiaga Kunjungi Salah Satu Desa Wisata Terbaik

Hakim Ghani
detikTravel
Garut -

Menparekraf Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Saung Ciburial yang ada di Garut. Desa Ciburial ini satu dari 50 desa wisata terbaik di Indonesia versi pemerintah.

Sandiaga berkunjung ke tempat yang berada di Kampung Ciburial, Desa Sukalaksana, Kecamatan Samarang Senin (18/10/2021) sore.

"Saung Ciburial satu dari 50 desa wisata terbaik (di Indonesia)," ujar Sandiaga Uno.

Dia datang didampingi Kadisbudpar Jabar Dedi Taufik, sejumlah anggota DPR RI salah satunya Mulan Jameela, serta Bupati Garut Rudy Gunawan.

Sandi disambut meriah saat datang ke lokasi. Dia disambut beragam kesenian lokal. Mulai dari Kabarulem (Kaulinan Barudak Lembur) atau permainan tradisional bocah, hingga adu ketangkasan domba Garut.

Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Saung Ciburial Garut.Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Saung Ciburial Garut. Foto: (Hakim/detikcom)

Sandi menjelaskan, dia sangat mengapresiasi Desa Wisata Saung Ciburial. Sebab, desa itu dulunya tergolong desa tertinggal dan kini bisa jadi satu dari 50 desa wisata terbaik di Indonesia.

"Kita lihat transformasinya, dari desa tertinggal jadi desa yang mandiri dan sekarang 50 desa wisata terbaik. Kita apresiasi," katanya.

Sandi berpesan agar Desa Wisata Saung Ciburial terus dipelihara dengan baik. Sandi berharap agar tempat wisata ini bisa membuka lapangan kerja bagi warga Garut.

"Bukan hanya berdaya saing, tapi juga berkelanjutan dan bisa buka lapangan kerja," ungkap Sandi.

Bupati Rudy Gunawan mengatakan, Desa Wisata Saung Ciburial yang terletak di Desa Sukalaksana, Samarang merupakan desa wisata terbaik di Garut.

Desa wisata ini, kata Rudy, memiliki keunggulan yang unik. Mulai dari panorama alam, udara khas kampung hingga bisa belajar pencak silat hingga mahir.

"Ini awalnya desa tertinggal, sekarang jadi desa mandiri dan jadi 50 desa terbaik. Di Garut ada 125 desa seperti ini, tapi kelasnya beda," ungkap Rudy.

(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA