Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 21 Okt 2021 16:55 WIB

TRAVEL NEWS

Perhatian! Malioboro Cuma Beri Akses 1 Pintu Masuk buat Bus Wisata

Heri Susanto
detikTravel
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta Agus Arif Nugroho
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta Agus Arif Nugroho (Heri Susanto/detikcom)
Yogyakarta -

Seiring dilonggarkannya PPKM di Yogyakarta, dari level 3 ke level 2, seluruh obyek wisata (obwis) boleh dibuka. Tak terkecuali Malioboro, yang mulai memberlakukan satu pintu untuk akses masuk khusus bus wisata.

"Mulai akhir pekan ini, bus wisata masuk ke Malioboro harus melalui Terminal Giwangan untuk proses screening. Ini merupakan bentuk ikhtiar kita melaksanakan prokes," kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat jumpa pers di kantor Balai Kota Yogyakarta, Kamis (21/10/2021).

Heroe menjelaskan sistem satu pintu di Malioboro itu berlaku untuk semua jenis bus wisata. Mulai bus kecil sejenis shuttle, medium, maupun bus besar.

"Semuanya akan melalui pemeriksaan dari vaksinasi sampai rapid test," katanya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta Agus Arif Nugroho menjelaskan,sistem satu pintu di Malioboro itu akan dibarengi dengan penegakan aturan di lapangan. Nantinya, bus-bus yang tak melalui Terminal Giwangan tak bisa parkir di Tempat Khusus Parkir (TKP) Abu Bakar Ali, Senopati, maupun Ngabean.

"Parkir di badan jalan akan kita halau. Mungkin nanti kepolisian yang akan memberikan sanksi tulang," katanya.

Arif menambahkan, nantinya akan disiapkan vaksinasi di Terminal Giwangan. Itu diperuntukkan bagi wisatawan yang datang ke Yogyakarta tapi belum mendapatkan vaksinasi.

"Ini agar memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan maupun bagi warga Yogyakarta yang dikunjungi," Arif menjelaskan.



Simak Video "Malioboro Ramai Karena Nggak Jadi Ganjil Genap, Ini Alasan Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA