Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 24 Okt 2021 18:40 WIB

TRAVEL NEWS

Demi Bangkitkan Pariwisata dan Ekonomi, Festival Pulau Rupat Digelar di Riau

Festival Pulau Rupat
Foto: Festival Pulau Rupat (Raja Adil Siregar/detikcom)

Seniman Nilai Festival Jadi Angin Segar Bangkitkan Pariwisata Pulau Rupat

Seniman Riau, Rino Dezapati mengatakan, event Festival Pulau Rupat menjadi angin segar bagi pelaku parekraf Riau. Terutama di bidang seni pertunjukan yang dilakukan hanya bisa berkat bantuan pemerintah di daerah dan pusat.

"Karena kalau kita berharap dengan pihak swasta mereka masih wait and see melihat kondisi investasi dan pandemi. Jadi event yang dilaksanakan Dispar Riau, meskipun digelar secara prokes ketat dan hybrid, ini merupakan kegiatan yang dinanti-nantikan para seniman di Riau," ujar Rino, seniman yang juga pendiri Riau Rhythm Chambers Indonesia.

Rino mengakui kegiatan seperti ini sangat minim digelar di Riau. Rino memahami kondisi itu, lantaran recofusing anggaran pandemi COVID-19.

"Kita tidak bisa menyalahkan pemerintah karena minimnya kegiatan-kegiatan bagi pelaku parekraf. Hal itu dikarenakan anggarannya diserap untuk refokusing penanganan COVID-19. Kondisi ini juga terjadi di sejumlah Kementerian di Jakarta," katanya.

Rino menuturkan, meski para seniman di Riau tidak bisa semua terakomodir karena anggaran yang terbatas. Tapi kegiatan ini berdampak positif bagi pelaku parekraf yang terdampak COVID-19.

"Karena untuk recovery di masa pandemi ini, harapan pelaku parekraf hanya dari pemerintah. Melalui kegiatan seni pertunjukan hybrid ataupun virtual, tentunya bisa berdampak ekonomi bagi pelaku seni pertunjukan yang terdampak pandemi," tandas Rino.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Polda Riau Bongkar Aktivitas Illegal Logging di Giam Siak Kecil"
[Gambas:Video 20detik]

(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA