Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 25 Okt 2021 19:40 WIB

TRAVEL NEWS

Kala Obwis di Selatan Bandung Barat Kalah Pamor dengan Wisata Lembang

Whisnu Pradana
detikTravel
Sanghyang Kenit
Foto: Dok. pengelola objek wisata Sanghyang Kenit
Bandung Barat -

Sektor pariwisata di Kabupaten Bandung Barat (KBB) melimpah ruah, mulai dari daerah selatan seperti Rajamandala lalu Gununghalu hingga ke utara yakni kawasan wisata Lembang.

Namun sayangnya hamparan objek wisata alam di daerah selatan Bandung Barat belum mampu mengalahkan kesohoran kawasan wisata Lembang di utara Bandung Barat yang menjadi primadona dan langganan dikunjungi wisatawan setiap masa liburan tiba.

Beberapa objek wisata di selatan Bandung Barat yang menawarkan pengalaman baru bagi wisatawan di antaranya Gua Pawon, Stone Garden, Sanghyang Poek, Sanghyang Kenit, Sanghyang Heuleut, yang terbentuk dari batuan purba. Hingga Curug Sawer serta Curug Malela yang dijuluki sebagai The Little Niagara.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB Heri Partomo mengatakan faktor aksesibilitas disinyalir menjadi salah satu faktor yang membuat pamor objek wisata di selatan Bandung Barat tak mampu menyaingi ketenaran objek wisata di kawasan wisata Lembang.

"Faktornya karena jalan di daerah selatan masih diperbaiki. Mungkin kalau jalan sudah lancar, mungkin ke selatan bisa lebih banyak. Jadi sampai saat ini wisatawan lebih memilih ke utara," ungkap Heri kepada wartawan, Senin (25/10/2021).

Rendahnya kunjungan wisatawan berkunjung ke wilayah selatan Bandung Barat terlihat dari persentase kunjungan sejak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 yang membolehkan semua wisata dibuka.

"Setelah diizinkan buka, kunjungan ke kawasan wisata Lembang sudah mencapai 20 persen. Kalau yang ke selatan masih di bawah 10 persen," kata Heri.

Namun demikian ia enggan disebut menganaktirikan objek wisata di selatan Bandung Barat dan menganakemaskan kawasan wisata Lembang lantaran memberikan keuntungan lebih besar. Sebab menurutnya saat ini sudah banyak orang yang mengenal objek wisata di selatan Bandung Barat dari media sosial.

"Mereka (wisatawan) sudah banyak yang tahu karena melihat dari instagram, termasuk di YouTube juga karena banyak juga yang sudah mengulas objek wisata di selatan," kata Heri.

Heri mengatakan supaya tingkat kunjungan objek wisata di daerah selatan bisa seimbang atau mampu bersaing dengan objek wisata yang ada di utara Bandung Barat pihaknya akan menggenjot pengembangan objek wisata di daerah selatan.

"Itu biar seimbang dengan yang di utara, karena sampai saat ini masih belum seimbang, tetap masih banyak ke utara. Kita akan terus kembangkan dari segi pembangunan infrastrukturnya dan promosinya," tutur Heri.



Simak Video "Keripik Kaca Kini Jadi Tren, Begini Proses Pembuatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA