Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 30 Okt 2021 06:15 WIB

TRAVEL NEWS

Bukan Cuma Merger, Ini Alasan Sesungguhnya Pramugari Italia Demo Buka Baju

Maskapai Bangkrut, Pramugari Alitalia Demo Buka Baju
Foto: Dok. Instagram/simonaberterame
Roma -

Para pramugari di Italia tengah demo sampai buka baju di jalanan. Alasannya bukan karena perkara merger, tapi lebih dari itu.

Beberapa waktu ini publik Italia tengah dibuat heboh atas demo yang melibatkan pramugari maskapai Alitalia. Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Sabtu (30/10/2021), maskapai pelat merah Italia itu memang tengah diterpa masalah keuangan.

Akibat pandemi, maskapai Alitalia dikabarkan menderita keuangan luar biasa yang mengakibatkannya bangkrut. Pada tanggal 14 Oktober 2021 lalu, maskapai itu diketahui melakukan penerbangan terakhir setelah mengudara selama 74 tahun.

Bicara soal pailit, maskapai itu memang telah terlilit hutang selama lebih dari satu dekade hingga mendapat perlakuan khusus di tahun 2017 silam. Namun, kian diperburuk oleh pandemi.

Pramugari Alitalia Buka BajuPramugari Alitalia Buka Baju (AP)

Alhasil, Alitalia akhirnya digantikan oleh maskapai nasional baru bernama ITA yang disuntik dana oleh Pemerintah. Hanya saja, hal itu juga berarti merger hingga pengurangan tenaga kerja.

Diketahui, maskapai nasional baru ITA itu hanya akan mempekerjakan sekitar 3 ribu karyawan saja. Padahal sebelumnya, maskapai Alitalia mempekerjakan sekitar 10 ribu karyawan.

Sontak kebijakan itu mendapat tentangan dari banyak pramugari Alitalia. Bentuk protes itu dituangkan dalam sebuah demonstrasi di jalanan Roma yang melibatkan aksi buka baju masal.

"Kami di sini ingin mengutarakan rasa kecewa dan solidaritas untuk semua rekan kami yang dipaksa untuk menandatangani kontrak yang memalukan," ujar salah satu pramugari, Cristina Poggesu.

Serikat pekerja bahkan mengatakan, kalau karyawan ITA dibayar lebih rendah dari standar Alitalia yang telah bangkrut. Demonstrasi pun berkecamuk sejak seminggu sebelum penerbangan terakhir Alitalia.

Dalam tuntutannya, pihak pramugari yang mayoritas adalah mantan karyawan Alitalia ingin agar Pemerintah Italia memperpanjang bantuan bagi karyawan yang terancam dipecat selama 5 tahun ke depan.

Hanya saja hingga saat ini, belum ada kabar terbaru perihal kejelasan nasib dari para pramugari ex Alitalia itu.



Simak Video "Potret Sungai Terpanjang di Italia yang Mengering karena Perubahan Iklim"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA