Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 01 Nov 2021 13:15 WIB

TRAVEL NEWS

Baru Pertama Kali Punya Kasus COVID-19, Negara Ini Langsung Mau Lockdown

Tonga
Negara Kepulauan Tonga (Getty Images/iStockphoto)
Nuku'alofa, Tonga -

Tonga memiliki kasus pertama COVID-19. Negara Kepulauan Pasifik Selatan ini langsung mempersiapkan lockdown untuk warganya.

Diberitakan CNN Travel, Tonga adalah salah satu dari sedikit negara yang tak memiliki kasus COVID-19 sejak awal pandemi. Akan tetapi, pada Jumat (29/10), Perdana Menteri setempat, Pohiva Tu'ionetoa mengonfirmasi adanya kasus positif pertama.

Kasus tersebut berasal dari seorang penumpang yang melakukan perjalanan dari Selandia Baru. Pendatang tersebut tiba di Tonga pada hari Rabu setelah terbang dari Christchurch.

Sebelumnya, penumpang tersebut sudah divaksinasi penuh. Hasil tesnya di Selandia Baru pun sebelum keberangkatan ke Tonga menyatakan negatif.

Saat dinyatakan terjangkit COVID-19, semua staf bandara yang melakukan kontak dengan salah satu penumpang dalam penerbangan dilakukan karantina. Tu'ionetoa memperingatkan warga Tonga untuk bersiap menghadapi lockdown karena adanya kasus tersebut.

"Kita harus menggunakan waktu ini untuk bersiap-siap jika ada lebih banyak orang yang terkonfirmasi terjangkit virus," kata Perdana Menteri Tonga tersebut.

Tak hanya persiapan lockdown, ribuan orang juga bergegas untuk mendapat vaksinasi. Bahkan, menurut Menteri Kesehatan Tonga, Amelia Tu'ipulotu mengatakan, tingginya jumlah peserta vaksinasi selama beberarapa hari terakhir akan meningkatkan cakupan vaksinasi nasional.

"Lebih banyak orang datang karena sekarang kami cukupkan dosis pertama sekitar 86 persen dan dosis kedua sekitar 62 persen. Kadi, ini adalah jumlah pemilih yang besar hari ini dan akan meningkatkan cakupan keseluruhan dari vaksinasi pertama dan lengkap," kata Tu'ipulotu, menurut Matangi Tonga.

Untuk traveler ketahui, Tonga merupakan negara Polinesia dengan lebih dari 170 pulau Pasifik Selatan. Tonga juga menjadi rumah bagi sekitar 100 ribu orang.

Kepulauan ini terletak sekitar 800 km timur Fiji dan 2.380 km dari Selandia Baru. Meski awalnya tak memiliki kasus COVID, negara kepulauan ini pernah menyatakan keadaan darurat pada Maret 2020 dan menutup perbatasannya untuk WNA.

Sementara, negara-negara Pasifik Tuvalu dan Nauru merupakan negara yang belum melaporkan kasus COVID-19. Turkmenistan dan Korea Utara juga belum secara resmi melaporkan kasus COVID-19, namun para ahli mengklaim kemungkinan hal tersebut tidak benar.



Simak Video "Kasus Corona RI 15 September Tambah 2.651, Ini Sebarannya"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA