Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 07 Nov 2021 12:15 WIB

TRAVEL NEWS

Apakah Indonesia Masih Menjadi Paru-paru Dunia?

bonauli
detikTravel
Drone Footage hutan Amazon
Hutan Amazon (FG Trade/IStock)

3. Indonesia

Mengutip World Resources Institute (WRI), sebagian dari hutan tropis terbesar di dunia terdapat di Indonesia. Dalam hal luasnya, hutan tropis Indonesia menempati urutan ketiga setelah Brasil dan Republik Demokrasi Kongo.

Indonesia juga memiliki hutan mangrove yang terluas di dunia. Luasnya diperkirakan mencapai 4,25 juta hektare pada awal 1990-an.

Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia (KLHK), luas hutan Indonesia mencapai 94,1 juta hektare atau 50,1 persen dari total daratan pada 2019.

Hutan Indonesia, seperti hutan di berbagai negara, juga mengalami ancaman deforestasi yang terus membayangi keberlangsungannya.

Walaupun demikian, Presiden RI Joko Widodo dalam COP26 mengklaim Indonesia berhasil menghentikan laju deforestasi hingga kebakaran hutan. Ia juga mengatakan Indonesia telah merehabilitasi 3 juta lahan kritis selama 2010-2019.

"Laju deforestasi turun signifikan, terendah dalam 20 tahun terakhir. Kebakaran hutan juga turun 82 persen di tahun 2020. Indonesia juga telah memulai rehabilitasi hutan mangrove seluas 600 ribu hektare sampai 2024, terluas di dunia," ucap Jokowi.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Kepolisian Brasil Sebut Desainer Indonesia Pesan Paket Organ Manusia"
[Gambas:Video 20detik]

(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA