Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 09 Nov 2021 07:15 WIB

TRAVEL NEWS

Bandara Timur Tengah Raih Predikat Tersibuk Tahun Ini, Indonesia?

FILE - In this Dec. 11, 2019, file photo, an Emirates jetliner comes in for landing at the Dubai International Airport in Dubai, United Arab Emirates. Two passenger jets from low-cost carrier FlyDubai and Bahrain-based Gulf Air collided with each other on the taxiway at Dubai International Airport early Thursday, July 22, 2021, though authorities reported no injuries in the incident. (AP Photo/Jon Gambrell, File)
Bandara Internasional Dubai (AP Photo/Jon Gambrell)
Jakarta -

Dahulu, predikat bandara tersibuk kerap diisi oleh negara Eropa hingga Amerika. Tahun ini, predikat itu diraih oleh bandara di Timur Tengah.

Dikutip detikTravel dari media Khaleej Times, Selasa (9/11/2021), predikat bergengsi di sektor bandara itu kini ditempati oleh Bandara Dubai yang berada di Uni Emirat Arab. Hal itu sekaligus menandai pemulihan sektor pariwisata di Timur Tengah.

Diketahui, informasi soal itu pertama kali dirilis pada bulan Oktober 2021 atau baru sebulan lalu. Pasalnya, Bandara Dubai (DXB) telah melayani sekitar 13 juta penumpang dalam tujuh bulan belakangan tahun 2021 ini.

Direktur jenderal Otoritas Penerbangan Sipil Dubai, Mohammed Abdulla Ahli, mengatakan DXB menangani sekitar 13 juta penumpang dan jumlah kargo yang cukup besar selama tujuh bulan pertama tahun 2021.

Sementara itu Presiden Otoritas Penerbangan Sipil Dubai (DCAA) sekaligus Ketua Bandara Dubai dan CEO Emirates Group Sheikh Ahmed bin Saeed Al Maktoum mengatakan, diperkirakan penumpang di DBX tumbuh secara signifikan dalam enam bulan ke depan. Hal itu terkait acara Dubai Expo 2020.

"Pemerintah mengambil keputusan strategis dan menawarkan insentif yang tepat agar memungkinkan negara mengatasi dampak pandemi, dan menempatkan kami pada posisi yang tepat untuk memimpin pemulihan ekonomi dunia, dan membangun jembatan di seluruh dunia untuk mempercepat proses pemulihan, terutama di bidang penerbangan dan sektor pariwisata," kata Sheikh Ahmed bin Saeed Al Maktoum.

DXB juga mencatat 10,6 juta penumpang dalam enam bulan pertama tahun 2021, meskipun pembatasan perjalanan mempengaruhi pasar utama sepanjang kuartal kedua tahun 2021.

Merebut predikat bandara tersibuk dari Amsterdam

Menurut penyedia data perjalanan global, Official Airline Guide (OAG), dengan bertumbuhnya penumpang dan pemulihan sektor penerbangan, DXB kembali merebut posisi teratas sebagai bandara tersibuk di dunia.

Sebelumnya Bandara Schipol di Amsterdam menjadi bandara tersibuk di dunia. Sayangnya, posisi tersebut kembali direbut oleh DXB karena kapasitasnya untuk menghubungkan negara Timur Tengah kembali terlihat dengan lebih 2,72 juta kursi terjual pada bulan Oktober 2021.

Sedangkan Bandara Schipol berada di posisi kedua. Kemudian, di posisi ketiga dan keempat disusul dengan Bandara Frankfurt (FRA) dan Bandara Heathrow, London (LHR).

Kemudian juga ada Bandara Istanbul, Paris Charles de Gaulle, Doha, Madrid, Antalya dan Wina yang masuk ke dalam 10 bandara tersibuk pada bulan Oktober 2021.

Sayang, tak ada satu pun bandara di Indonesia yang masuk ke dalam daftar tersebut tahun ini.



Simak Video "Denyut Aktivitas di Bandara Internasional Dubai"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA