Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 10 Nov 2021 07:50 WIB

TRAVEL NEWS

Ingat-ingat! Jangan Lakukan Hal Ini di Pesawat

Syanti Mustika
detikTravel
A young woman wearing face mask is traveling on airplane , New normal travel after covid-19 pandemic concept
Foto: Getty Images/iStockphoto/tonefotografia
Jakarta -

Bukan hanya larangan merokok dan membawa benda tajam saja yang dilarang di dalam pesawat. Beberapa hal ini sebenarnya dilarang juga dilakukan, namun sering dilupakan.

Berbicara hal-hal sensitif, seperti teroris, bom, senjata, rasis adalah hal-hal yang dilarang dilakukan di tempat umum, termasuk di dalam pesawat. Namun banyak hal yang sepertinya sering terlewatkan oleh kita, dimana hal ini juga dilarang dilakukan di dalam pesawat.

detikcom telah merangkum, Selasa (9/11/2021) beberapa hal yang jangan kamu lakukan di pesawat ya. Supaya penerbangan kamu dan penumpang lainnya aman, nyaman dan tentram.

1. Jangan letakkan tas jauh dari tempat kamu duduk. Kasihan penumpang lain juga harus mencari tempat juga untuk meletakkan tasnya di bagasi pesawat. Letakkanlah bawaan mu atau bagasi sesuai dengan lokasi duduk kamu.

2. Mengacuhkan pramugari

Pramugari sering berkeliling, memberikan informasi, mengingatkan penumpang bila ada hal-hal yang mesti dilakukan penumpang selama penerbangan. Karena itu, dengarkanlah instruksi dari pramugari, supaya penerbangannya aman dan nyaman.

3. Jangan tidur saat takeoff atau landing supaya kupingmu tidak mendengung atau terasa sakit pada telinga. Hal ini terjadi karena adanya perbedaan tekanan yang cepat.

4. Jangan tutup jendela saat takeoff atau landing

Kamu pasti mendengar instruksi pramugari kan untuk membuka jendela saat mau landing? Nah dengarkan ya, hal ini berhubungan dengan keselamatan dan keamanan kamu juga.

Munich: A female flight attendant  is speaking with a passenger sitting in the economy class of the route Munich - Vancouver of Lufthansa Airlines. Foto: Getty Images/RUBEN RAMOS

5. Malas minum air putih atau mineral

Udara di dalam kabin kering karena dinginnya AC. Jadi kamu jangan malas minum air putih ya supaya kamu tidak dehidrasi selama penerbangan.

6. Tidak memakai sabuk pengaman

Pramugari selalu mengingatkan saat duduk untuk selalu mengenakan sabuk pengaman karena kita tidak pernah tahu kapan goncangan di udara. Hal ini demi keamanan dan keselamatan juga, jadi pakailah sabuk pengaman saat duduk walau tidak sedang landing atau take off.

7. Menggunakan sandaran tangan tengah, padahal kamu duduk di dekat jendela. Jangan ya, nanti penumpang yang ada di bangku tengah risih dan malah menimbulkan suasana canggung.

Air Vehicle, Airplane, Commercial Airplane, Luggage, People Foto: Getty Images/iStockphoto/Pollyana Ventura

8. Jangan mematikan pendingin udara dalam pesawat ya karena fungsinya untuk menyaring kuman di pesawat. Jadi memang pendingin udara di pesawat di atur sedang atau tinggi.

9. Cuek tentang larangan mematikan elektronik di pesawat. Jaringan di ponsel bisa mengganggu sinyal komunikasi dan navigasi pesawat lho. Bahaya kan?

10. Membuang sampah sembarangan. Kamu yang membawa bekal atau setelah mendapatkan snack penerbangan, jangan letakkan sampahnya sembarangan ya. Tunggulah pramugari datang menghampiri mengumpulkan sampahnya biar penerbangan tetap bersih dan nyaman.

11. Jangan merusak layanan hiburan yang ada di pesawat. Gunakanlah sebaik mungkin fasilitas hiburan seperti headset. Jika telah selesai digunakan letakkan baik-baik dan jangan dibawa pulang ya.



Simak Video "Pesawat Twin Otter Berisi 22 Orang Hilang Kontak di Nepal"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA