Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 10 Nov 2021 11:37 WIB

TRAVEL NEWS

Kue Taripang Makassar Memang Cocok dengan Secangkir Kopi

Ibnu Munsir
detikTravel
Makassar -

Pemerintah Kota Makassar mengelar perayaan ulang tahun ke-414 di Lorong Wisata Bambapung. Kue tradisional taripang disuguhkan dengan secangkir kopi.

Lorong wisata Bambapung, Kecamatan Makassar ini menjadi pusat perhatian. Lorong wisata ini disulap dengan gambar mural agar terlihat cantik dan disukai masyarakat.

"Imunitas kesehatan sudah terbentuk, adaptasi sudah lebih kuat, maka saatnya kita membangkitkan ekonomi. Ekonomi recovery harus kita mulai dari hal hal sederhana, harus kita perkuat di UMKM dan hari ini kita mulai dari kopi dan taripang (kue tradisional)," kata Wali Kota Makassar, Danny Pomanto, Selasa (8/11/2021).

Danny meyakini, penguatan ekonomi dari lorong meningkatkan pendapatan masyarakat. Usaha kecil menengah juga disebut sebagai usaha laris jika dikelola dengan baik.

"Survei kami ada 1 juta orang yang minum kopi dan minum teh di Makassar setiap hari dan kalau dia didampingi oleh satu komoditi kue yang kita desain baik yang cocok untuk kopi dan teh, maka ada 2 miliar uang berputar hanya pada 1 komoditi," jelasnya.

"Satu tahun ada 750 miliar hanya 1 komoditi kalau kita create dengan baik maka akan tumbuh dengan baik dan ekonomi itu tumbuh dari lorong lorong dan UKM kecil," tambahnya.

Kue Taripang di Lorong Wisata Bambapung MakassarLorong Wisata Bambapung Makassar (Foto: Ibnu Munsir/detikcom)

Sementara lorong wisata diciptakan Danny sebagai pelengkap dari peningkatan UMKM di Makassar. Lorong yang tertata rapi dengan keindahannya membuat daya tarik masyarakat untuk bisa menikmati kue tradisional.

"Kalau konsep lorong kita bangkitkan kembali setelah serial lorong sebelumnya seperti lorong garden, dan sekarang serial terakhir yaitu lorong wisata. Co'mo adalah comuter metro moda yang melayani seluruh kecamatan dan kita mulai 15 co'mo yang akan merangkai semua lorong wisata," terangnya.

Kue Taripang di Lorong Wisata Bambapung MakassarLorong Wisata Bambapung Makassar (Foto: Ibnu Munsir/detikcom)

Sementara itu, seorang pengunjung lorong wisata, Syamsu mengatakan datang untuk melihat rangkaian perayaan hari jadi Kota Makassar. Banyak inovasi yang diciptakan menarik perhatian masyarakat.

"Saya datang memang untuk melihat lorong wisata dan cukup bagus, gambar muralnya juga bagus, jadi bisa edukasi juga sambil makan kue dan kopi," katanya.

Ada ribuan lorong di Makassar disulap menjadi lorong wisata. Lorong ini diharapkan meningkatkan ekonomi masyarakat.

(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA