Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 19 Nov 2021 06:45 WIB

TRAVEL NEWS

Homestay Warga Full House Jelang WSBK, Gubernur NTB: Masyarakat Menikmati

Tim detikcom
detikTravel
Presiden Joko Widodo melantik Gubernur NTB Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah di Istana Negara, Jakarta. Zulkieflimansyah menggantikan TGB.
Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah (Rengga Sancaya/detikcom)
Lombok Tengah -

Gelaran bergengsi World Super Bike (WSBK) 2021 di Mandalika berimbas pada okupansi di hotel hingga homestay. Gubernur NTB pun tepis isu miring.

Tingkat keterisian hotel dan penginapan di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) tinggi menjelang WSBK yang dihelat mulai 19-21 November cukup tinggi.

Merujuk data PHRI NTB, okupansi hotel di Kota Mataram mencapai 95 persen, Lombok Barat 95 persen, dan yang paling laris adalah hotel-hotel di sekitar lokasi Sirkuit Mandalika, di Lombok Tengah sudah mencapai 100 persen.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lombok Tengah, Lendek Jayadi, menyebut jumlah kamar hotel di Lombok Tengah tersedia sebanyak 3.000 kamar. Sementara itu, jumlah penonton pada WSBK Mandalika 2021 ini sekitar 25 ribu orang.

"Informasinya menjelang WSBK ini banyak rumah warga yang disewa untuk dijadikan tempat penginapan," kata Lendek di Praya, Kamis (18/11/21) seperti dikutip dari detikTravel dari Antara (18/11).

Pembangunan 398 Homestay di Kawasan Mandalika Sudah RampungPembangunan 398 Homestay di Kawasan Mandalika Sudah Rampung Foto: (ANTARA/HO-Kementerian PUPR/am)

"Alhamdulillah full booking, baik hotel maupun homestay," kata dia.

"Banyak rumah warga yang disewa untuk dijadikan penginapan, termasuk Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) rumah warga yang telah tuntas dikerjakan," katanya.

Ramainya homestay jelang WSBK 2021 itu ikut diapresiasi oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah lewat cuitannya. Fakta itu sekaligus menepis isu miring, terkait gelaran yang disebutkan hanya menguntungkan segelintir pihak saja.



"Menjelang WSBK di Sirkuit Mandalika. Hotel-hotel sudah full. Penuh semua," cuitnya.

"Jadi jangan terlalu berlebihan mengatakan Mandalika yang untung yang berduit dan yang besar-besar saja. Masyarakat pun menikmati dan merasakan manfaatnya juga. Kalau ada yang kurang-kurang, Insya Allah seiring berjalannya waktu akan ada perbaikan dan penyesuaian," dia menambahkan.

Zulkieflimansyah menyebut harga homestay yang dikelola warga berkisar antara Rp 100 hingga 150 ribu per malam. Harga yang cukup ekonomis.

"Nyaman, aman dan menyenangkan. Sangat terjangkau. Mungkin kalau pakai sabun dan makanan jadi nambah sedikit harganya," kata dia.

Untuk informasi, gelaran WSBK 2021 akan digelar di Sirkuit Mandalika mulai hari Jumat ini hingga hari Minggu (21/11) di akhir pekan.



Simak Video "Jelang WSBK Mandalika, Gubernur NTB Sebut Hotel-hotel Sudah Penuh"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA