Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 22 Nov 2021 06:43 WIB

TRAVEL NEWS

Andai PPKM Level 3 Diterapkan Saat Nataru, Gunung Bromo Ditutup

Femi Diah
detikTravel
Sunrise Cantik Bromo
Gunung Bromo akan ditutup andai pemerintah resi menerapkan PPKM Level 3 saat Nataru. (M Rofiq/detikTravel)
Malang -

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) merespons rencana pemerintah untuk menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 di libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru). Wisata Gunung Bromo bakal ditutup.

PPKM Level 3 disebut akan dilaksanakan mulai 24 November 2020 hingga 2 Januari 2022. Aturan itu diharapkan bisa membatasi mobilitas pergerakan masyarakat sebagai upaya mencegah munculnya kerumunan di libur akhir tahun.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) mengatakan kemungkinan besar akan mengumumkan ketentuan PPKM level 3 pada Senin (22/11/2021). Aturan itu akan diterapkan merata di seluruh Indonesia.

Plt Kepala BBTNBTS,Novita KusumaWardhani, akan mematuhi aturan pemerintah itu. Saat ini pun cuma pintu masuk dari Malang yang dibuka, sedangkan tiga gerbang masuk Gunung Bromo lain, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, dan Kabupaten Pasuruan tutup karena daerah itu masih menerapkan PPKM level 3.

Saat ini, hanya satu titik yang dibuka, yakni Savana Teletubbies, dan dengan kapasitas maksimal pengunjung 287 orang.

"Jika PPKM level 3, dipastikan wisata Gunung Bromo ditutup. Saat ini, yang dibuka dari pintu masuk lewat Kabupaten Malang, karena statusnya di PPKM level 2," kata Novita kepada wartawan, Senin (20/11/2021).

Senada, Kepala Sub Bagian Data, Evaluasi, Pelaporan, dan Kehumasan Balai Besar TNBTS, Sarif Hidayat, menyebut, bahwa pembukaan kawasan taman nasional akan mengacu pada keputusan atau kebijakan yang dikeluarkan pemerintah pusat.

"TNBTS akan mengikuti arahan, petunjuk atau kebijakan yang terkait dengan PPKM. Kami di taman nasional akan mengambil kebijakan, sesuai dengan ketentuan dari pusat," kata Sarif.

Saat ini, hanya satu titik yang dibuka yakni Savana Teletubbies dengan kapasitas maksimal 287 orang. Ia menambahkan, jika pemerintah pusat memutuskan seluruh wilayah di Indonesia menerapkan PPKM level 3 pada akhir tahun, maka Balai Besar TNBTS juga akan mengikuti ketentuan tersebut.

"Sepertinya begitu (Gunung Bromo ditutup lagi), jika kebijakan pemerintah seluruh wilayah ditetapkan level 3 PPKM," dia menambahkan.



Simak Video "Jazz Gunung Bromo 2021 Kembali Digelar dengan Prokes Ketat"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA