Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 29 Sep 2021 21:50 WIB

TRAVEL NEWS

Megawati Resmikan Patung Bung Karno Setinggi 18,5 Meter di Semarang

Presiden Indonesia kelima, Megawati meresmikan patung Presiden Pertama, Ir Sukarno yang berada di Polder Tawang Kota Semarang. Patung tersebut memiliki tinggi total 18,5 meter.
Patung Bung Karno setinggi 18,5 Meter Diresmikan di Semarang Foto: Angling Adhitya Purbaya
Semarang -

Presiden Indonesia kelima, Megawati meresmikan patung Presiden pertama RI Sukarno yang berada di Polder Tawang Kota Semarang. Patung tersebut memiliki tinggi total 18,5 meter.

Peresmian digelar secara hybrid yaitu daring dan luring. Pejabat pemerintahan Kota Semarang datang langsung sedangkan Megawati hadir secara daring, begitu juga Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Komisaris Utama PT KAI, Said Aqil Siroj dalam sambutannya mengatakan patung tersebut diharapkan bisa memberikan dampak positif dan menambah ikon Kota Semarang.

"Ini semoga memberikan dampak positif. Dan menambah ikon Kota Semarang," kata Said Aqil yang hadir secara daring, Rabu (29/9/2021).

Megawati dalam sambutannya sebelum meresmikan menceritakan sejarah Sukarno bersama kereta api termasuk ketika "mengungsi" Ke Yogyakarta bersama kabinetnya pada Januari 1946.

"Melakukan perjalanan hijrah bersejarah ke Yogyakarta. Perjalanan dirahasiakan karena banyak teror," kata Megawati.

Ia juga mengungkapkan ayahnya itu juga pernah bekerja di perkeretaapian saat zaman kependudukan Belanda.

"Bung Karno pernah kerja di perusahaan kereta api Belanda di Jatim. Setelah lulus dari ITB cari pekerjaan," ujarnya.

Terkait patung, Megawati berterima kasih karena sudah banyak sekali patung ayahnya yang berdiri. Hal itu menandakan masih diingatnya pahlawan bangsa.

"Bangsa yang menghargai pahlawannya itulah yang bisa jadi bangsa yang besar. Jangan lupa sejarah dan hargai pahlawan pahlawan kita," ujarnya.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi yang datang ke lokasi peresmian mengatakan di Kota Semarang ada 4 patung Sukarno. Dan yang ada di Polder Tawang merupakan yang terbesar.

"Patung Bung Karno ini dapat sebagai tetenger, untuk senantiasa mengingatkan masyarakat akan ajaran - ajaran ideologi Bung Karno yang sangat relevan dan besar pengaruhnya untuk kemajuan Republik Indonesia hingga saat ini," tegas pria yang akrab disapa Hendi itu.

Sementara itu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan patung tersebut diharapkan bisa mengingatkan kepada generasi muda terkait Sukarno dan ideologinya.

"Patung ini kita harapkan menjadi semangat anak muda untuk berpikir ideologi, berpikir kebangsaan, dan bagaimana seorang pemimpin yang mau merasakan penderitaan rakyatnya, untuk itu tokoh Sukarno sangat luar biasa. Sekaligus beliau berani menantang dunia sehingga hampir seluruh pidato-pidatonya, speech-nya di dunia internasional selalu membikin orang terbelalak, ternganga, dan respek betul karena kecerdasan beliau," kata Ganjar.

Selanjutnya Patung Bung Karno Buatan Seniman Bali

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "5 Fakta Patung Soekarno Berkuda yang Didirikan Menhan Prabowo"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA