Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 23 Nov 2021 11:35 WIB

TRAVEL NEWS

Turis India Sudah Ngebet ke Indonesia

Usai dihantam tsunami Corona, India kembali buka perbatasannya untuk turis asing mulai Oktober lalu. Hanya turis yang telah divaksin COVID-19 yang boleh masuk.
Ikon India (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Turis India sudah banyak yang ingin berlibur ke Indonesia. Namun, ada beberapa hal yang perlu disiapkan untuk mewujudkannya.

Menparekraf Sandiaga Uno menjabarkan bahwa permintaan itu untuk momen berlibur di akhir tahun ini. Sejumlah stakeholder dikatakannya sudah menyiapkan paket wisata untuk mengakomodirnya.

"Permintaan dari pasar India untuk wisatawan berkunjung ke Indonesia pada bulan November-Desember 2021 sebenarnya sudah cukup banyak," kata Sandiaga dalam temu wartawan, Senin (22/11/2021).

"Pihak maskapai dan industri pariwisata Indonesia pun sudah bekerja sama membentuk paket wisata untuk wisman asal India. Di dalamnya termasuk mekanisme 3 (tiga) hari karantina bagi yang telah menerima vaksin dosis lengkap," imbuh dia.

Selanjutnya, Sandiaga menyebut perlunya syarat tambahan. Jadi, perwakilan kedua belah negara harus membuat semacam izin penerbangan khusus pariwisata hingga keterikatan antar aplikasi pelacakan Covid dari kedua negara.

"Akan tetapi ada hal-hal yang harus disepakati oleh pihak Indonesia dan India terkait dengan dibukanya kembali border international untuk wisatawan kedua negara ini," terang Sandiaga.

"Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Deputi Bidang Pemasaran telah melakukan rapat dengan Duta Besar India di Jakarta, yang difasilitasi oleh Kementerian Luar Negeri, bahwa untuk izin penerbangan dengan tujuan pariwisata diperlukan mutual recognition arrangement (MRA) antara India dan Indonesia dalam bentuk MoU," imbuh dia.

"Setelah MRA disepakati oleh kedua negara, secara teknis aplikasi tracing dan tracking (PeduliLindungi) ke-2 negara akan dihubungkan sehingga wisman akan terus terpantau dari mulai keberangkatan, tiba di destinasi wisata, dan kembali lagi ke negaranya," kata dia lagi.

Seperti yang diketahui, kata Sandiaga, per 15 November 2021 India pun telah membuka pintu bagi wisatawan mancanegara dengan mekanisme persyaratan air bubble. Oleh karena itu mutual recognition arrangement (MRA) diharapkan segera disepakati.

"Draft MRA sudah disusun oleh Kementerian Luar Negeri dan saat ini sedang dievaluasi Kementerian Kesehatan, untuk kemudian draft tersebut dapat disepakati kedua negara," pungkas dia.



Simak Video "India Kembali Buka Pintu Buat Turis Asing, Asalkan..."
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA