Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 23 Nov 2021 19:10 WIB

TRAVEL NEWS

Masih Sepi Turis, Pelaku Wisata Bali Tulis Surat Terbuka ke Jokowi

Forum Bali Bangkit
Foto: (dok Forum Bali Bangkit)
Jakarta -

Pasca dibuka kembali, Bali diketahui masih sepi turis asing. Terkait itu, pelaku wisata Bali pun kompak tulis surat terbuka untuk Presiden Jokowi.

Curhatan pelaku wisata Bali itu pun tertuang lewat surat terbuka yang diunggah oleh Forum Bali Bangkit, 19 November 2021 lalu di situs change.org. Dilihat detikTravel, Selasa (23/11/2021), surat terbuka itu pun ditulis secara daring dengan tema "Bali Bicara: Surat Terbuka Kepada Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. Joko Widodo."

Isinya merupakan surat permohonan terkait perubahan kebijakan open border Bali, ditujukan untuk Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Surat ini kami tulis atas nama Forum Bali Bangkit, kumpulan dari 34 stakeholders pariwisata Bali yang merasakan dampak berupa tekanan yang sangat luar biasa akibat Pandemi COVID-19 dalam dua tahun terakhir ini," bunyi kalimat di paragraf pertama.

"Badai pandemi COVID-19 tentu juga dirasakan oleh warga dunia dan saudara-saudara kita di Nusantara ini, namun perahu kami berbeda. Bali sangat tergantung pada sektor kepariwisataan, mencapai hingga 80%," sambungnya.

Lebih lanjut, pihak Forum Bali Bangkit memuji berbagai upaya yang dilakukan Pemerintah hingga saat ini di tengah kondisi pandemi. Namun, juga memberi kritik terkait regulasi berbelit pasca pembukaan Bali kembali.

"Persoalannya adalah Bali dibuka, namun aturan tidak mendukung pembukaan tersebut, bahkan terkesan mempersulit wisatawan asing yang ingin berlibur ke Bali. Padahal Bali telah menyiapkan golden standard dengan test PCR di negara origin, kemudian test PCR yang kedua pada saat kedatangan di Bandara Ngurah Rai, wajib sudah melakukan vaksinasi, dan memiliki asuransi kesehatan.

Lewat surat ini dengan kerendahan hati kami mohon Bapak Jokowi bisa memberikan dukungan untuk merubah regulasi yang menghambat datangnya wisatawan mancanegara yang siap dan aman berkunjung ke Bali," bunyi tuntutannya.

Selanjutnya: Isi tuntutan pelaku wisata Bali ke Presiden Jokowi

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA