Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 24 Nov 2021 05:01 WIB

TRAVEL NEWS

Viral, Cara Pelaut Cuci Baju dengan Dihanyutkan ke Laut

Syanti Mustika
detikTravel
Ilustrasi kapal pelni thinkstock
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Jakarta -

Keseharian kru kapal bikin penasaran. Saat salah satu akun tiktok membeberkan pelaut mencuci baju pun auto viral.

Para pelaut bisa menjalani pelayaran selama berbulan-bulan dalam satu kali kali perjalanan. Memang sih ada kesempatan untuk bersandar di pelabuhan untuk transit, tetapi biasanya tidak lama. Mereka pun harus menyiasati segala sesuatu untuk menjalani hari-hari di atas kapal.

Sebuah video TikTok menjadi viral setelah membagikan video singkat saat pelaut mencuci baju kerja atau baju safety. Caranya, dengan membentangkannya di air laut. Terakhir dilihat detikcom, video ini telah ditonton lebih 13 juta tayang lho.

@wadjidi_ray

laut aku nitip wearpack, aku capek nyikatnya

♬ suara asli - Asenggol

Dalam video terlihat seorang pelaut mengikat bajunya ke tali tambang, kemudian menjatuhkannya ke air laut yang bergelombang saat dilewati kapal.

detikcom pun menghubungi si pemliik akun dan menanyakan langsung tentang video menarik ini.

Tentu kita sama-sama penasaran kan, apakah benar pelaut mencuci baju seperti itu?

"Sebenarnya untuk mencuci seperti itu, biasanya pelaut hanya mencuci baju safety/baju keselamatan kerja yg tiap harinya di penuhi oli ataupun noda yg sangat kotor. Jadi para pelaut yang sudah capek kerja harian lebih memilih untuk mengikat, lalu menghanyutkannya seperti di video tersebut," ujar Muhammad Rayhan Wadjidi, pemilik akun TikTok yang viral, kepada detikcom, Rabu (24/11/2021).

Rayhan merupakan Taruna tingkat 3 dari Politeknik ilmu pelayaran Makassar yg sedang melaksanakan praktek berlayar di kapal TONASA LINE XVIII. Dia pun berbagi cerita jika di kapal ada mesin cuci juga.

"Di kapal itu pasti sudah disediakan ruangan khusus untuk mencuci baju, di ruangan tersebut sudah disiapkan mesin cuci. Jadi kalau baju kaos tetap kok pelaut mencuci bajunya di ruang laundry," dia menambahkan.

@wadjidi_ray

Reply to @rizkykhayla27 jadi sudah Lunas ya😂, Maaf sudah bikin laut jadi tambah asin 🤣

♬ Monkeys Spinning Monkeys - Kevin MacLeod

Mencuci baju yang dihanyutkan ke laut ternyata tidak selalu dilakukan para pelaut. Hanya terkadang saja.

"Dan menurut saya sih mencuci seperti itu tidak setiap hari juga, kadang-kadang saja karena di kapal sudah ada ruang laundry," tutupnya.

Dalam video lanjutannya, Rayhan menjawab pertanyaan netizen yang penasaran dengan hasil mencuci dengan metode tak biasa ini. Dari video yang dibagikan, lumayan bersih tapi masih ada noda-noda tipis yang tertinggal di baju.

Bagaimana menurut traveler?



Simak Video "Ngobrol Bareng Sezairi, Penyanyi Lagu 'It's You' yang Viral di TikTok"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA