Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 26 Nov 2021 18:49 WIB

TRAVEL NEWS

Rams Road, Jalan Berusia 3.000 Tahun Penghubung 2 Kuil Kuno Mesir Dibuka

Femi Diah
detikTravel
This picture taken on November 25, 2021 shows a view of the human-headed sphinxes along the 2700-metre-long Rams Road leading from the Temple of Luxor (background) to the Karnak Temple (unseen) further north, in Egypts southern city of the same name. - Egypt on November 25 unveiled in a grandiose night-time ceremony the Rams Road (Tareeq al-Kebbash in Arabic), a 2700-metre-long sandstone-paved path lined with ram-headed statues and sphinxes dating over 3000-years-old connecting the Luxor Temple with the Karnak Temple. Named The Path of God in Ancient Egyptian mythology, its ram statues -- an embodiment of the ancient Egyptian deity Amun -- were buried for centuries under the sand before being revived and restored for display in recent years. (Photo by Khaled DESOUKI / AFP)
Jalan kuno dengan ratusan patung sphinx berkepala domba di Mesir resmi dibuka. (Foto: AFP/KHALED DESOUKI)
Luxor -

Jalan berusia 3.000 tahun yang dipagari ratusan patung sphinx berkepala domba jantan dan menghubungkan dua kompleks kuil Mesir kuno, di Karnak dan Luxor, diresmikan pada Kamis (25/11). Menjadi atraksi wisata kini.

Pembukaan jalan dengan panjang 27 km dengan batu pasir itu ditandai dengan sebuah upacara mewah di KuilKarnak. Acara itu dihadiri oleh Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi dan sejumlah pejabat senior.

Dengan ratusan patung sphinx berkepala domba jantan, jalan itu dijuluki Rams. Domba jantan adalah perwujudan dari dewa Mesir kuno Amun.

Patung-patung itu terkubur selama berabad-abad di bawah pasir gurun hingga kemudian dihidupkan kembali dan dipugar. dalam prosesnya, patung-patung tersebut dipamerkan oleh ahli Mesir Kuno negara itu.

Kuil Karnak dibangun sekitar 2.000 hingga 4.000 tahun yang lalu dan didedikasikan untuk Amun-Ra, dewa Matahari kuno. Ini mencakup area seluas lebih dari 100 hektare (250 hektare).

Kuil Luxor dibangun sekitar 3.400 tahun yang lalu oleh Amenhotep III dan telah digunakan sebagai situs pemujaan agama terus-menerus dari Mesir kuno hingga Kristen Koptik, kemudian muslim.

Kementerian pariwisata dan barang antik Mesir telah berjanji untuk menjadikan negara berpenduduk terpadat di Arab itu sebagai tujuan wisatawan asing. Kini, Mesir sedang mengerek reputasinya sebagai "museum terbuka".

Sektor pariwisata di Mesir mempekerjakan dua juta orang dan menghasilkan lebih dari 10 persen produk domestik bruto negara itu.

Tetapi pandemi virus Corona bikin wisata Mesir babak belur. Itu menjadi masalah tambahan setelah adanya turbulensi politik setelah revolusi 2011 dan beberapa serangan teror.

Pada bulan April, prosesi kendaraan hias membawa sisa-sisa mumi 22 firaun melalui jalan-jalan Kairo dalam parade lengkap dengan penghormatan 21 meriam ke Museum Nasional Peradaban Mesir yang baru dibuka.

Dalam beberapa bulan mendatang, negara itu akan meresmikan pameran baru lainnya, Museum Besar Mesir, dekat piramida Giza di Kairo.



Simak Video "Uji Nyali, Mencoba Wahana Disko yang Ekstrim, Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA