Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 29 Nov 2021 18:26 WIB

TRAVEL NEWS

Bandel Banget! Habis dari Afsel, Pasangan Ini Kabur dari Hotel Karantina

Bandara Schiphol
Bandara Schiphol (Foto: CNN)
Jakarta -

Pasangan ini usai bepergian ke Afrika Selatan. Mereka ditangkap karena melarikan diri dari hotel karantina di Amsterdam, Belanda.

Polisi Belanda mengatakan telah menangkap pasangan suami istri yang melarikan diri dari karantina wajib yang diperintahkan pemerintah, Minggu (28/11/2021).

Pasangan itu, diidentifikasi AFP, merupakan seorang pria Spanyol berusia 30 tahun dan wanita Portugis berusia 28 tahun. Mereka dilaporkan tiba di Bandara Schiphol Amsterdam pada hari Jumat.

Mereka baru tiba dari Afrika Selatan, tempat varian virus Corona baru, varian Omicron, pertama kali diidentifikasi dan dideteksi minggu lalu.

"Marechausse, polisi militer Belanda, menangkap pasangan malam ini yang melarikan diri dari hotel karantina," kata juru bicara polisi, Stan Verberkt kepada CNN.

Marechausse tidak merinci apakah salah satu dari mereka dinyatakan positif Covid. Juga, belum diketahui bagaimana polisi menemukan pasangan yang telah meninggalkan hotel karantina itu.

Pasangan itu berada di salah satu dari dua penerbangan dari Afrika Selatan ke Amsterdam. Dalam penerbangan itu setidaknya ada 61 penumpang telah dites positif terkena virus, dengan 13 dari kasus tersebut dikonfirmasi sebagai varian Omicron.

Total ada 600 penumpang dari kedua pesawat itu dan mereka diperintahkan untuk dikarantina di sebuah hotel di dekat Bandara Schiphol Amsterdam.

"Pasangan itu ditangkap di sebuah pesawat yang akan lepas landas dalam perjalanan ke Spanyol pada pukul 18.00 waktu setempat. Kedua orang tersebut telah dipindahkan ke GGD (otoritas kesehatan regional Belanda)," Verberkt menjelaskan.

Pihak berwenang Belanda tengah menimbang pasangan itu harus menghadapi tuduhan membahayakan keselamatan publik atau tidak.

Juru bicara GGD, Stefanie van Waardenburg, membenarkan bahwa pasangan itu termasuk di antara penumpang penerbangan yang mendarat di Bandara Schiphol Amsterdam dari Johannesburg pada hari Jumat.

"Otoritas kesehatan sedang melakukan lebih banyak tes pada penumpang untuk melihat apakah ada yang membawa varian Omicron baru," kata Waardenburg.

Belanda jadi salah satu negara yang memberlakukan larangan terbang di wilayah Afrika bagian selatan (termasuk Afrika Selatan) menyusul laporan varian baru.



Simak Video "Massa Antivaksin Corona di London Bentrok dengan Polisi "
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA