Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 30 Nov 2021 22:18 WIB

TRAVEL NEWS

Mau Naik Pesawat Sambil Bawa Sepeda, Gimana Caranya?

Bawa Sepeda di Pesawat, Gimana Caranya?
Bike box memudahkan sepeda masuk bagasi pesawat Foto: (Tasya Khairally/detikcom)
Jakarta -

Sport tourism sedang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Kini sudah banyak event-event olahraga, salah satunya bersepeda.

Traveler mau ikut event bersepeda keluar kota naik pesawat? Nah hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memiliki bike box atau koper khusus sepeda.

Bike box sendiri bermacam-macam bentuknya, ada yang hard case dengan ukuran besar hingga menyerupai koper biasa namun berukuran agak lebar untuk sepeda lipat. Tergantung dari jenis sepedanya.

Bawa Sepeda di Pesawat, Gimana Caranya?Bawa Sepeda di Pesawat, Gimana Caranya? Foto: (Tasya Khairally/detikcom)

"Kadang ada model model kayak kabel di dalam (frame sepeda) itu akan lebih ribet kalau dia dicopot. Nah kalau kabel di luar itu gampang banget bisa kaya tipis tipis gini, tapi kalau sepedaku kabel dalem, jadi perkabelannya itu di dalam handle bar," kata Elly Husin, peserta gowes keliling Bali bersama Citilink kepada detikcom.

"Jadi kaya tadi aku bike boxnya khusus jadi yang lebih besar. Jadi dia handle barnya nggak perlu dimiringin, tetap tidak dicopot," tambah Elly.

Bawa Sepeda di Pesawat, Gimana Caranya?Bawa Sepeda di Pesawat, Gimana Caranya? Foto: (Tasya Khairally/detikcom)

Harga satu bike box bisa mencapai belasan juta. Namun ada banyak juga tempat penyewaan bike box sebagai pilihan lain.

"Beli itu Rp 15 juta nggak ada potongannya nyewa seminggu 4 harian sejuta mahal juga sih," tambahnya.

Alternatif lain adalah traveler bisa membeli lalu dititipkan ke tempat penyewaan bike box. Banyaknya event bersepeda membuat penyewaan bike box kian diminati.

"Banyak temen-temenku begitu, beli dititip ke tempat penyewaan, karena lagi rame nih," ungkapElly.

Bawa Sepeda di Pesawat, Gimana Caranya?Bawa Sepeda di Pesawat, Gimana Caranya? Foto: (Tasya Khairally/detikcom)

Misal ada event banyak tempat penyewaan bike box, tapi kalau mepet nggak dapet. Ini tempat ku sewa mereka punya 28 nggak pernah ada di tempatnya, selalu rolling karena banyak event," katanya.

Jadi, kalau pilihan traveler mau menyewa, tipsnya adalah harus pesan dari jauh-jauh hari, misalnya seminggu atau dua minggu. Sebab akan sulit kalau mau menyewa mendekati hari H.

Ada juga tips dari Road Capten perjalanan gowes keliling Bali, Reyhan Pramudita. Traveler bisa packing di toko sepeda.

"Kalau misalkan mau murah kita bisa pakai kardus, kita packing di toko sepeda di bongkar sepedanya kita langsung kirim pakai bis bisa pakai travel bis atau pakai pesawat juga bisa," kata Rayhan.

Jika sudah punya bike box, traveler tinggal masukkan ke bagasi pesawat. Jika di Citilink, ada Citisport untuk traveler yang suka bawa peralatan olah raga seperti sepeda, golf hingga papan surfing.

"Jadi kalo kita yang suka olah raga kalo keluar kota, misalnya kalo Citilink dia ada namanya member Citisport jadi Citisport kita gampang banget. Misalnya ya nggak tahu pun misalnya cukup di CS (customer service) mereka akan auto, 'Ibu bawa sepeda ya? member Citisport aja', jadi bayar 450 itu untuk setahun," kata Elly.

Nah, member ini cocok untuk wisatawan yang memang rutin melakukan membawa perlengkapan olah raga ke luar kota. Traveler tertarik?



Simak Video "Sensasi Gowes Melewati Jembatan Gantung di Curug Depok"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA