Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 04 Des 2021 19:10 WIB

TRAVEL NEWS

Gunung Semeru Erupsi, Aktivitas Gunung Bromo Stabil

M Rofiq
detikTravel
Pemilik mengantarkan pengunjung berkuda di Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Minggu (13/6/2021). Para pemilik kuda tersebut menawarkan jasanya kepada wisatawan yang ingin menuju puncak Gunung Bromo menggunakan kuda dengan tarif Rp50 ribu sampai Rp150 ribu. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/foc.
Foto: ANTARA FOTO/Umarul Faruq
Probolinggo -

Getaran akibat Gunung Semeru yang menyemburkan awan panas terekam di pos pantau Gunung Bromo, Probolinggo. Aktivitas Gunung Bromo stabil.

Getaran akibat Gunung Semeru yang erupsi itu mencapai amplitudo 24 mili meter selma hampir 1 jam, mulai 14.10 WIB sampai 16.09 WIB.

Ketinggian awan panas guguran Gunung Semeru mencapai 11 kilometer pada pukul 15:00 WIB. Debu vulkanik mengarah ke Kabupaten Malang dan merusak sejumlah atap rumah warga di lereng Semeru dan fasilitas umum di wilayah Lumajang.

Erupsi itu menyebabkan dua kabupaten di Jawa Timur, Lumajang dan Malang, hujan abu. Bahkan, warga di Lumajang ketiban hujan kerikil dan lumpur.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menghimpun catatan guguran lava pijar yang diamati dengan jarak luncur kurang lebih 500-800 meter dari pusat guguran. Pusat guguran sendiri berada kurang lebih 500 meter di bawah kawah.

Meski gempa letusan Gunung Semeru terekam sampai di Pos PVMBG Cemoro Lawang, tetapi tidak mempengaruhi aktivitas Gunung Bromo. Data dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Dan Bencana Geologi (PVMBG) pos pantau di Gunung Bromo, seismograph gempa menerus dengan amplitudo 0,5 sampai 1 milimeter.

Ketua Pos Pengamatan Gunung Bromo Wahyu Andrian Kusuma mengatakan meski Gunung Semeru Erupsi, namun kondisi dan aktivitas Gunung Bromo masih stabil dan aman untuk dikunjungi.

"Aktivitas Gunung Bromo stabil dan aman dikunjungi meski getaran gempa Gunung Semeru sampai terekam seismograf pos pantau Gunung Bromo," ujar Wahyu.

Status Gunung Bromo hingga saat ini pada level waspada dengan jarak aman 1 kilometer dari Kawah Bromo.



Simak Video "Momen Evakuasi Warga yang Nekat Pulang saat Terdengar Gemuruh dari Semeru"
[Gambas:Video 20detik]
(iah/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA