Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 04 Des 2021 21:22 WIB

TRAVEL NEWS

Sawah Bertingkat Vietnam Rindu Turis

Femi Diah
detikTravel
An ethnic Hmong man walks on a terraced rice field in northern Yen Bai province on November 28, 2021. (Photo by Nhac NGUYEN / AFP)
Foto: AFP/NHAC NGUYEN
Mu Cang Chai -

Hamparan sawah di Vietnam rindu wisatawan. Pandemi virus Corona membuat sawah-sawah tersebut tak disambangi turis cukup lama.

Saat matahari pagi menembus kabut di atas sawah bertingkat di Vietnam, petani membawa kerbau. Kini, hari-hari mereka tak seperti sebelum wabah, tanpa turis di kampung mereka yang berbukit.

Terletak 300 km barat laut Hanoi, Distrik Mu Cang Chai di Provinsi Yen Bai utara telah menjadi destinasi wisata populer dengan turis asing dan lokal sebelum pandemi virus Corona.

Teras sawah spektakuler, yang terletak hingga 1.000 meter di atas permukaan laut, sebagian besar milik Hmong, kelompok minoritas yang justru membentuk sebagian besar penduduk daerah tersebut.

Wanita Hmong pernah menyewakan kostum tradisional mereka yang berwarna-warni kepada pengunjung. Adapun, warga pria menghasilkan hingga USD 30 (Rp 430 ribu) sehari dengan mengantar mereka ke jalan kecil berlumpur melewati perbukitan.

View sawah paling indah pada bulan September dan Oktober. Di periode itu, padi berubah menjadi kuning mengkilap.

"Kami dulu mendapatkan banyak turis," kata petani Lo Thi Loan kepada AFP.

"Tapi, tahun ini semua sawah kosong... karena pembatasan pergerakan virus," dia menambahkan.

"Satu-satunya keinginan kami sekarang setelah virus itu hilang dan kami dapat melanjutkan kehidupan normal kami," kata dia lagi.

Vietnam baru-baru ini mulai membuka kembali gerbang pariwisatanya bagi turis mancanegara, dan beberapa pengunjung internasional tiba awal bulan ini di resor pulau Phu Quoc dan di kawasan wisata lainnya lebih jauh ke selatan.

Tetapi tidak jelas kapan negara itu akan dibuka sepenuhnya, karena terus berjuang melawan wabah Covid-19 yang serius.



Simak Video "Menyebrang ke Pulau Saronde Dari Pelabuhan Kwandang, Gorontalo"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA