Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 06 Des 2021 06:12 WIB

TRAVEL NEWS

Senegal Tambah Panjang Daftar Negara Tersentuh Varian Omicron

Femi Diah
detikTravel
Aerial view of the city of Dakar, Senegal, showing the densely packed buildings and a highway
View Dakar, ibu kota Senegal (Getty Images/iStockphoto/derejeb)
Dakar -

Daftar negara yang kebobolan Covid-19 varian Omicron bertambah panjang. Terbaru, Senegal.

Dikutip dari AFP, kasus pertama varian Omicron Covid-19 Senegal dilaporkan berasal dari seorang traveler yang baru tiba dari pertemuan internasional. Badan kesehatan IRESSEF mengatakan pasien berusia 58 tahun itu tiba di Senegal melalui jalur udara pada 22 November.

Pasien tersebut telah mendapatkan vaksin Covid-19 buatan AstraZeneca dan Pfizer pada awal tahun ini. Saat ini, pasien tidak menunjukkan gejala apapun.

Senegal di Afrika Barat mencatatkan lebih dari 74 ribu kasus Covid-19 sejak pandemi Covid-19 dimulai. Saat ini, Senegal baru memvaksin 1,3 juta penduduk dari 17 juta orang total jumlah penduduknya.

Varian Omicron Covid-19 sedang menjadi salah satu fokus Badan Kesehatan Dunia (WHO) saat ini. WHO memasukkan Omicron sebagai varian of concern (VOC). Beberapa peneliti menyebut varian tersebut mampu menular lebih cepat dari varian sebelumnya.

Sebelumnya, WHO menyebut varian Omicron telah terdeteksi di 38 negara. Angka tersebut meningkat cepat sejak dua hari sebelumnya, dengan dilaporkan 23 negara telah menemukan kasus varian tersebut.

Varian yang membawa 32 mutasi itu terdeteksi di antara lain di Amerika Serikat (AS), Nigeria, Kanada, Portugal, Jerman, Belanda, Portugal, Arab Saudi, Australia, Hong Kong, Belgia, Perancis, Chile, Singapura dan Malaysia.

Varian itu awalnya merebak luas di Botswana dan Afrika Selatan. Hingga saat ini, WHO masih melakukan penelitian lanjutan mengenai virus itu, terutama mengenai kemampuan virus itu dalam melawan imun yang dibuat oleh vaksin Covid-19 biasa.

Indonesia melakukan langkah preventif dengan melarang turis asing dari 11 negara, yakni Afrika Selatan, Botswana, Angola, Zambia, Zimbabwe, Malawi, Mozambik, Namibia, Eswatini, Lesotho, dan Jong Kong.



Simak Video "WHO Temukan Bukti Gejala Omicron Lebih Ringan"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
dMentor
×
Gara-gara NFT Ghozali
Gara-gara NFT Ghozali Selengkapnya