Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 09 Des 2021 07:43 WIB

TRAVEL NEWS

China Izinkan Boeing 737 Max Mengudara Lagi

Boeing 737 Max 10
Foto: Boeing 737 MAX (boeing.com)
Beijing -

Otoritas penerbangan China akhirnya mengizinkan Boeing 737 Max mengudara lagi. Keputusan itu diambil dua tahun setelah kecelakaan fatal yang dialami pesawat itu.

Masih melekat di ingatan kecelakaan fatal pesawat Boeing 737 Max yang menimpa maskapai Lion Air dan Ethiopian Air. Akibat dua kecelakaan beruntun tersebut, maskapai seluruh dunia ramai-ramai menghentikan operasional Boeing 737 Max.

Namun setelah dilalukan investigasi dan sejumlah perbaikan yang dilakukan oleh pabrikan Boeing, akhirnya otoritas penerbangan China (CAAC) mengizinkan Boeing 737 Max mengudara lagi.

Dilansir detikTravel dari AP, Kamis (9/12/2021), keputusan itu diambil setelah Boeing upgrade pada pesawat, yang mencakup meng-install program software baru untuk mengatasi kerusakan, dan memperbarui manual penerbangan.

"Setelah melakukan penilaian yang memadai,CAAC menganggap tindakan-tindakan korektif sudah cukup untuk mengatasi kondisi tidak aman ini," demikian seperti disampaikan dalam Dokumen Otoritas Penerbangan Sipil China (CAAC) dikutip dariAFP.

CAAC menyatakan Boeing telah mengatasi masalah desain dan 'kondisi tidak aman' pada pesawat jenis itu. Mereka juga menawarkan instruksi terhadap maskapai-maskapai penerbangan soal revisi yang diperlukan, terutama untuk protokol keselamatan, sebelum pesawat tersebut kembali mengudara.

Itu berarti tidak akan ada lagi hambatan peraturan bagi kembalinya Boeing 737 MAX untuk mengudara di langit China, meskipun sampai sekarang masih belum jelas kapan penerbangannya akan mulai dilanjutkan.

Perwakilan Boeing pun menyambut baik keputusan otoritas penerbangan China tersebut.

"Keputusan CAAC merupakan tonggak penting menuju kembalinya Boeing 737 MAX ke layanan di China dengan aman," demikian pernyataan pihak Boeing di China kepada AFP.

"Boeing terus bekerja dengan regulator dan para pelanggan kami untuk mengembalikan pesawat ke layanan di seluruh dunia," imbuh pernyataan tersebut.

China menjadi negara terbaru yang mengizinkan Boeing 737 MAX kembali mengudara setelah Amerika Serikat (AS) dan Eropa memberikan izin Boeing 737 Max untuk kembali mengudara sejak tahun lalu.



Simak Video "Astronaut Shenzhou-14 Rampungkan Misi Aktivitas Luar Wahana Antariksa"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA