Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 11 Des 2021 09:51 WIB

TRAVEL NEWS

Jajaki Pasar Regional, Citilink Luncurkan Pesawat Kargo Kedua

Jajaki Pasar Regional, Citilink Luncurkan Pesawat Kargo Kedua
Foto: Pesawat kargo kedua Citilink (dok. Citilink)
Jakarta -

Maskapai Citilink luncurkan pesawat khusus kargo (Freighter) kedua. Penerbangan perdana dilakukan pada Jumat (10/12).

Freighter kedua Citilink merupakan modifikasi dari pesawat penumpang berjenis Airbus A30-200 yang dikonversi menjadi pesawat kargo dengan kapasitas muatan hingga 18 ton. Proses pelaksanaan konversi pesawat dilakukan di GMF AeroAsia dan sudah disertifikasi oleh DKKPU (Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara) Kementerian Perhubungan RI.

"Freighter Citilink ini selanjutnya akan mengangkut kargo di rute-rute domestik Indonesia hingga rute-rute di kawasan Asia. Citilink menggunakan pesawat penumpang berjenis Airbus A320-200 yang telah memiliki sistem navigasi terkini untuk dikonversi menjadi pesawat kargo dengan tujuan untuk memperkuat lini bisnis kargo Citilink di pasar regional Asia." kata VP Corporate Secretary & CSR Citilink, Diah Suryani dalam siaran pers.

Modifikasi pesawat dilakukan untuk mengantisipasi adanya regulasi dari bandar udara di regional Asia yang mengharuskan pesawat dengan sistem navigasi terkini untuk beroperasi di wilayahnya. Dalam penerbangan perdana, pesawat kargo terbang pp dari Cengkareng-Pontianak.

Pesawat berangkat dari Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta pukul 09.00 waktu setempat menuju Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak.

Sementara, pada tahun lalu, Citilink telah menerbangkan konversi pesawat berjenis Boeing B737-500 menjadi pesawat kargo dengan total kapasitas sebesar 13 ton.

"Citilink berharap dengan bertambahnya pesawat khusus kargo yang dimiliki Citilink dapat memberikan kontribusi pendapatan tambahan yang signifikan di samping pendapatan utama dari penerbangan penumpang sehingga kinerja Citilink dapat menapaki tren positif walaupun terdampak oleh pandemi COVID-19," kata Diah.



Simak Video "Pesawat Citilink dari Banjarmasin-Jakarta Mendarat Darurat di Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA