Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 13 Des 2021 12:45 WIB

TRAVEL NEWS

Survei: Hotel di Bali Paling Murah, Bogor yang Paling Mahal

Syanti Mustika
detikTravel
Ilustrasi hotel
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan bila ingin traveling dengan budget adalah akomodasi atau hotel murah. Tahukah kamu bahwa akomodasi paling murah berada di Bali?

Kamu budget traveler perlu tahu nih survei terbaru yang menemukan akomodasi termurah serta destinasi termurah untuk kamu. Berdasarkan survei yang dilakukan Pegipegi yang dibagikan dalam rilisnya, Senin (13/12/2021) Bali menjadi kota dengan harga akomodasi termurah.

Berdasarkan data internal Pegipegi, Bali adalah salah satu kota dengan harga kamar hotel budget termurah. Diikuti oleh Solo, Surabaya, Yogyakarta, dan Semarang.

Kelima kota besar ini cocok menjadi pilihan para budget travelers, karena memiliki Average Daily Rate (ADR) atau rata-rata harga harian untuk hotel bintang 1 hingga 3 berkisar antara Rp 170.197 sampai dengan Rp 218.627 per malam.

Sedangkan, area Puncak Bogor menjadi destinasi budget hotel tertinggi dibanding ke-5 kota di atas dengan harga sekitar Rp 336.000 per malam.

Survei yang mereka rangkum dalam Travel Report 2021, Pegipegi merangkum 5 tipe akomodasi populer selama 2021. Di antaranya, hotel, guest house, serviced apartment, hostel, dan villa.

Nah traveler juga harus tahu nih, perbandingan grade bintang hotel, supaya kamu bisa mempertimbangkan biaya yang dikeluarkan untuk akomodasi.

Setiap grade hotel tentunya akan memberikan harga yang berbeda berdasarkan fasilitasnya. Melalui report ini, Pegipegi juga memberikan informasi terkait perbedaan kenaikan harga hotel setiap bintangnya. Di antaranya:

- Downgrade Hotel Bintang 5 ke Hotel Bintang 4 dapat berhemat sekitar 40-45%
- Downgrade Hotel Bintang 4 ke Hotel Bintang 3 dapat berhemat sekitar 40%
- Downgrade Hotel Bintang 3 ke Hotel Bintang 2 dapat berhemat sekitar 30%
- Downgrade Hotel Bintang 2 ke Hotel Bintang 1 dapat berhemat sekitar 10%

Bagaimana cara mendapatkan hotel dengan harga terbaik?

1. Hari Ideal untuk Booking Hotel

Berdasarkan insight yang diperoleh, hari Senin dan Minggu adalah hari dengan harga hotel yang lebih terjangkau dibandingkan dengan hari lainnya. Pada kedua hari ini, travellers dapat menghemat sekitar 3-12%. Sedangkan harga kamar tertinggi terjadi pada hari Jumat dan Sabtu.

2. Staycation yang Lebih Hemat

Booking dan stay di hotel di luar musim liburan menjadi waktu yang tepat untuk travelers menghemat mulai dari 5-20%. Pada musim liburan akhir tahun, kenaikan harga satu kamar hotel akan jauh lebih tinggi 20% dibanding musim libur atau hari biasa lainnya.

3. Bergabung dengan Loyalty Program

Loyalty program tentunya akan menawarkan keuntungan tersendiri pada setiap member. Seperti halnya yang ada di Pegipegi. Bagi para member Pegipegi yang ingin melakukan pemesanan hotel via aplikasi, akan mendapat tambahan diskon hotel sampai dengan 10% di hotel-hotel pilihan.



Simak Video "Pengalaman Menginap di Plataran Menjangan Resort and Spa di Bali Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA