Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 15 Des 2021 07:25 WIB

TRAVEL NEWS

Lewat Ekraf, Sandiaga Berharap Ekonomi Bisa Segera Bangkit

Pekan puncak Apressiasi Kreasi Indonesia yang berlangsung sejak tanggal 9 hingga 11 Desember di Gandaraia City Mall, Jakarta Selatan
Foto: (dok Kemenparekraf)
Jakarta -

Pekan puncak Apresiasi Kreasi Indonesia yang berlangsung sejak tanggal 9 hingga 11 Desember di Gandaraia City Mall, Jakarta Selatan berhasil menarik perhatian.

Para peserta yang terdiri dari 16 UMKM dari seluruh Indonesia mengaku meraup keuntungan atau penjualan yang cukup siginifikan. Penjualan melonjang hingga 10 lali lipat atau 1.000 persen, oleh karenanya pada tahun depan akan ditambah pesertanya guna membantu para Ekraf atau UMKM memasarkan dan mengambaknak produknya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, dalam ajang Apresiasi Kreasi Indonesia ini diharapkan UMKM yang ikut dalam ajang ini dapat berkebang baik penghasilan dan juga yang produknya.

"Dalam acara ini berhasil meningkatkan pendapatan mereka," katanya seperti dikutip detikTravel lewat siaran persnya, Rabu (14/12/2021).

Menurutnya, dengan adanya AKI ini maka diketahui apa yang dibutuhkan dalam mengembangkan dan meningkatkan produksi dari para peserta ini.

"Jadi akan ada pendampingan dan workshop kepada para peserta yang ikut dalam pameran ini," tegasnya.

Adanya peningkatan penghasilan ini maka akan berdampak ke hal lainnya seperti peningkatan produk sehingga akan ada juga penerimaan pekerja baru.

Sandi mengungkapkan, selama pameran ini penghasilan mereka bertambah. Ada yang awalnya hanya Rp 5-10 juta, dengan adanya pameran ini meningkat hingga Rp 20-50 juta.

Hal tersebut sangat baik sehingga pihaknya akan mengusulkan adanya penambahan peserta dari seluruh Indonesia. Pasalnya, mentoring, pendampingan yang dilakukan sangat berhasil meningkatkan kualitas dari produk.

"Kita yakin, mereka mampu menciptakan lapangan kerja, karena dari data BPS UMKM atau Ekraf ini mampu menciptakan 20 juta tenaga kerja," tegasnya.

Sehingga, Ekraf diharapkan mampu membangkitkan ekonomi bangsa selama masa pandemi ini. Dan yang paling utama adalah akses ke pembiayaan yang akan dipermudah.

Seperi diketahui, Presiden Joko Widodo sangat berharap sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mampu membuka lapangan kerja lebih banyak. Saat ini sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif membuka lapangan kerja terbanyak 34 juta tenaga kerja.



Simak Video "Strategi Menparekraf Genjot Pelaku UMKM di Daerah"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA