Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 15 Des 2021 21:02 WIB

TRAVEL NEWS

Bentang Alam dan Karakteristik Benua Afrika, Sudah Tahu?

Islam berkembang cukup pesat di benua Afrika. Yuk, telusuri sejarah panjang perkembangan Islam di benua hitam.Tribal chiefs all over Accra come to Nima to show respect and congratulate the muslim community. / AFP PHOTO / CRISTINA ALDEHUELA        (Photo credit should read CRISTINA ALDEHUELA/AFP via Getty Images)
Foto: Getty Images
Jakarta -

Afrika merupakan benua terluas kedua di dunia setelah Asia. Luasnya mencapai 30.365 juta km persegi! Benua Afrika membentang sejauh 8.000 km dari utara ke selatan dan 7.400 km dari timur ke barat. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut bentang alam dan karakteristik Benua Afrika:

Menurut National Geographic, Afrika merupakan benua berpenghuni tertua di Bumi. Bentang alamnya dibedakan menjadi lima, yaitu:

1. Dataran Tinggi: Letaknya ada di bagian selatan (Dataran Tinggi Atas), dataran ini lebih tinggi dibandingkan dengan 'dataran tinggi' lainnya'. Sementara yang di bagian utara (Dataran Tinggi Bawah) keadaannya lebih rendah dan terputus-putus.
2. Pegunungan Lipatan: Lokasi pegunungan ini berada di bagian selatan benua Afrika, misalnya, pegunungan Atlas dan pegunungan Cape.
3. Daerah Gurun: Di bagian utara, terdapat Gurun Sahara, Gurun Libya dan Gurun Arab. Sementara di bagian Selatan ada Gurun Namib dan Gurun Kalahari.
4. Letak Retak Besar: Bentang alam ini ada di Afrika Timur dari Suriah dan Yordania hingga ke Afrika Selatan. Ada sungai Shiere dan Zambezi serta Danau Victoria Mobutu hingga Malwi
5. Dataran di bawah permukaan air laut: Wilayah ini berada di kawasan Utara (Mesir) yang disebut juga dengan nama depresi Qatara. Dataran ini berada di bawah 0 meter permukaan air laut.

Sementara itu, ada juga karakteristik yang perlu traveler ketahui. Simak penjelasan berikut:

1. Afrika dikenal sebagai 'Benua Hitam' karena mayoritas penduduknya sendiri memiliki kulit berwarna hitam.
2. Benua ini memiliki gurun terluas di dunia, yaitu Gurun Sahara. Ya, Gurun Sahara memiliki luas 8,4 juta km persegi yang membentang dari Senegal di Barat hingga Kenya di Timur.
3. Ada dataran tinggi Etiopia dan Gunung api Kilimanjaro sebagai gunung tertinggi di benua Afrika
4. Benua Afrika juga memiliki salah satu sungai terpanjang di dunia, yaitu Sungai Nil yang panjangnya mencapai 6.690 km. Sungai Nil mengalir dari Danau Victoria dan Danau Tana menuju Laut Mediterania.
Sementara Sungai Kongo adalah sungai terpanjang kedua di Afrika. Selain itu, Afrika juga punya Sungai Orange di Afrika Selatan, Sungai Niger di Nigeria dan Singai Zambesi di Zambia. Beberapa aliran sungai itu dibendung untuk irigasi dan pembangkit listrik, misalnya bendungan Aswan yang membendung Sungai Nil dan bendungan Akosombo yang membendung Sungai Volta di Ghana.
5. Afrika juga memiliki piramida-piramida yang merupakan makam-makam dari raja-raja Mesir. Nah, Piramida ini juga merupakan salah satu keajaiban dunia.
6. Soal bahasa, Afrika memiliki 800 ragam bahasa yang paling banyak digunakan. Misalnya, bahasa Afro Asiatik (bahasa Arab, Somalia, berber, Hausa, Amharuk, dan Oromo), bahasa Nil-Sahara (Luo, Songhay, Nubian dan Maasai), ada pula Niger-Kongo (Swahili, Yoruba, Igbo, Fula, dan Shona) dan Khoisan (Sandaw, Hadza, Khie, Ju).
7. Benua Afrika punya berbagai iklim. Kawasan yang berada dekat garis ekuator memiliki iklim tropis, lalu subtropis dan iklim gurun
8. Perekonomian di benua Afrika termasuk menengah ke bawah hingga batas krisis. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, misalnya iklim. Sebagian besar wilayah Afrika tergolong kering dan kurang potensial untuk digarap
9. Benua Afrika mempunyai keanekaragaman hayati yang beragam. Ini disebabkan karena iklimnya yang berbeda-beda.



Simak Video "Badai Pandemi Corona Melanda, Afrika Selatan Tertinggi Kelima di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA