Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 15 Des 2021 18:30 WIB

TRAVEL NEWS

Sah! Gamelan Resmi Jadi Warisan Budaya Tak Benda UNESCO

Tim detikcom
detikTravel
Yogyakarta Gamelan Festival kembali digelar untuk yang ke-25 kalinya. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, acara ini dihelat secara daring. Ini potretnya.
Foto: Ilustrasi gamelan (Pius Erlangga/detikcom)
Jakarta -

Kabar baik buat seluruh penduduk Indonesia. Gamelan akhirnya sah diakui sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO.

Kabar baik itu disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengabarkan bahwa gamelan telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda UNESCO.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi di akun Instagramnya seperti dilihat detikcom, Rabu (15/12/2021). Jokowi mengatakan gamelan telah menjadi inspirasi bagi musik dunia.

"Kabar baik hari ini datang dari kantor pusat UNESCO di Paris. Badan PBB yang mengurusi pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan itu telah menetapkan gamelan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (Intangible Cultural Heritage) UNESCO," tulis Jokowi.

"Saya menyambut dengan hangat dan bangga atas penetapan ini. Gamelan sudah lama menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari rakyat di berbagai daerah di Indonesia, terus dipelajari, dikembangkan, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Gamelan juga memberi inspirasi dan pengaruh terhadap musik dunia," sambung Jokowi.

[Gambas:Instagram]




Jokowi menegaskan komitmen Indonesia untuk melestarikan gamelan. Pelestarian gamelan itu akan dilakukan lewat pelatihan formal dan nonformal.

"Indonesia akan terus melestarikan gamelan melalui pendidikan dan pelatihan secara formal dan nonformal, melalui festival, pawai, pertunjukan, dan pertukaran budaya," ujar Jokowi.

"Gamelan menjadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia ke-12 yang telah tercantum dalam daftar WBTB UNESCO setelah wayang, keris, batik, pendidikan dan pelatihan batik, angklung, tari Saman, noken, tiga genre tari tradisional di Bali, seni pembuatan kapal pinisi, tradisi pencak silat, dan pantun," sambung Jokowi.



Simak Video "Puji Elon Musk, Jokowi: Super Jenius!"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA