Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 16 Des 2021 11:17 WIB

TRAVEL NEWS

Ini 10 Kereta Paling Cepat di Dunia

10 kereta paling cepat di dunia
10 kereta paling cepat di dunia, CR400 'Fuxing' (Foto: CNN)
Jakarta -

Fenomena kereta cepat atau peluru sudah mengalami pergeseran. Jepang tak lagi memuncaki rekornya. Di sisi lain, di saat dunia menghadapi perubahan iklim, penerbangan jarak pendek terlihat semakin tidak menarik bagi banyak traveler.

Diberitakan CNN, terdapat fenomena flygskam (malu terbang) yang dimulai di Skandinavia. Aksi ini telah menginspirasi banyak traveler untuk mengurangi ketergantungan pada transportasi udara.

Hingga kini, belum ada riset bahwa kereta cepat lebih baik dalam mengurangi emisi karbon. Namun, alternatif pesawat itu telah mencapai rekor kecepatan hingga 1.100 km per jam.

Sejak tahun 1980-an, ratusan triliunan rupiah telah digelontorkan untuk investasi kereta cepat dan berkapasitas tinggi di seluruh Eropa dan Asia. Pelopornya adalah Shinkansen Jepang dan Train a Grand Vitesse (TGV) di Prancis.

Namun, dalam dekade terakhir, China telah menjadi pemimpin dunia yang tak terbantahkan. Mereka membangun jaringan kereta api baru sepanjang 38.000 kilometer yang menjangkau hampir setiap sudut negara.

10 kereta paling cepat di duniaShanghai Maglev (Foto: CNN)

Spanyol, Jerman, Italia, Belgia, dan Inggris memperluas jaringan kereta Eropa dengan negara-negara lain yang diperkirakan akan menyusul pada 2030-an.

Pada tahun 2018, Afrika memperoleh kereta api berkecepatan tinggi pertamanya dengan pembukaan jalur Al-Boraq di Maroko dan Mesir.

Di tempat lain, Korea Selatan, Arab Saudi, dan Taiwan telah menetapkan rute kereta berkecepatan tinggi. India, Thailand, Rusia, dan Amerika Serikat berkomitmen untuk membangun jalur kereta api yang akan melaju di antara kota-kota besar dengan kecepatan lebih dari 250 km per jam.

Berikut negara pemilik kereta tercepat di dunia pada tahun 2022:

1. Shanghai Maglev - 460 km per jam (China)
2. CR400 'Fuxing' - 350 km per jam (China)
3. ICE3 - 330 km per jam (Jerman)
4. TGV - 320 km per jam (Prancis)
5. JR East E5 - 320 km per jam (Jepang)
6. 'Al Boraq' 320 km per jam (Maroko)
7. AVE S-103 -- 310 km per jam (Spanyol)
8. KTX 305 km per jam (Korea Selatan)
9. Trenitalia ETR1000 - 300 km per jam (Italia)
10. Haramain High Speed Railway - 300 km per jam (Arab Saudi).

Terus bagaimana soal kereta cepat Jakarta-Bandung yang tengah dibangun saat ini? Dikutip dari situs KCIC, disebut memiliki kecepatan operasional hingga 350 km/jam dan akan menempuh jarak Jakarta-Bandung dalam 46 menit. Ya secara teori bisa lah masuk kereta tercepat dalam daftar di atas ya?

Penampakan perdana kereta cepat Jakarta-BandungPenampakan perdana kereta cepat Jakarta-Bandung Foto: Dok. PT KCIC

Lihat juga video 'Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang Tak Sampai ke Pusat Bandung':

[Gambas:Video 20detik]



(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA