Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 15 Des 2021 20:19 WIB

TRAVEL NEWS

Bisa Rekor Nih! Dari Portugal ke Singapura Naik Kereta Api

Syanti Mustika
detikTravel
ilustrasi stasiun kereta api
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Kabar gembira nih untuk kamu, jalur kereta terpanjang di dunia sudah ada di depan mata. Kamu bisa bepergian dari Portugal ke Singapura dengan hanya naik kereta.

Pernah nggak terbayang oleh kamu bepergian ke banyak negara dengan kereta api? Imajinasi kamu itu sebentar lagi akan terwujud karena jalur kereta api terpanjang di dunia ini sangat mungkin dilakukan.

Dilansir detikcom dari Euronews, Rabu (15/12/2021) pada tanggal 2 Desember 2021 lalu jalur kereta api cepat yang menghubungkan Kunming di China ke Vientiane, ibu kota Laos dibuka. Ini berarti traveler yang mencari perjalanan ekstrim dan berbeda dengan kereta api sekarang dapat pergi antara Beijing dan Bangkok kemudian ke Singapura.

Sebelum adanya jalur kereta ke Laos ini, traveler yang ingin ke Singapura harus berhenti dulu dengan kereta di Vietnam dan menempuh jarak sekitar 16.898 km. Kemudian untuk perjalanan ke Singapura, penumpang harus naik bus dari Saigon, melalui Kamboja ke Bangkok.



Bagaimana bila jalur kereta api diperpanjang lagi melintasi banyak negara hingga bisa keliling dunia?

Seorang netizen pecinta kereta api pun menghitung-hitung berapa lama perjalanan dan uang yang dihabiskan bila rute kereta di dunia dari Eropa ini aktif. Setidaknya perjalanan ini berlangsung selama 21 hari dengan panjang rute 11.654 mil (18.755 Km).

Para ahli pun ikut berkomentar tentang jalur kereta terpanjang di dunia ini. Katanya hal ini mungkin saja terjadi dan mereka percaya rekor dunia ini bisa diwujudkan.

Perjalanan panjang ini yang melewati banyak negara, tentu saja membutuhkan dokumen dan visa yang mendukung. Dan bisa dijadwalkan semalam untuk traveler menginap demi mengurus visa perjalanan dan mengurus kereta lanjutan.

Pengguna Reddit dibantu penggemar kereta api dari Inggris bernama Mark Smith yang juga mantan manajer stasiun telah membuat jalur dan persimpangan yang singkat antar stasiun.

Memulai perjalanan monumental ini akan membawa kamu melewati 13 negara berbeda dari Spanyol, Polandia, dan Belarusia di Eropa hingga Mongolia, Thailand, dan Malaysia dalam perjalanan Asia.

Di beberapa jalur, pelancong harus bermalam di sepanjang rute, misalnya di Lisbon, Madrid dan Paris, dan mereka harus menginap dua malam di Moskow dan dua malam di Beijing.

Bagaimana biayanya?

Setelah dihitung-hitung biaya visa dan tiket perjalanan ekstrim dengan kereta ini adalah 1.200 Euro (Rp 19,4 juta).

Tetapi untuk melakukan perjalanan yang lengkap, traveler harus menunggu karena dua perjalanan terpanjang yaitu Paris ke Moskow dan Moskow ke Beijing saat ini ditutup karena pandemi. Sepertinya naik kereta dari Portugal-Singapura ini menarik dicoba di masa mendatang, bagaimana menurut traveler?



Simak Video "Polisi Tangkap 3 Pelaku Spesialis Pencuri Rel Kereta Api di Cianjur"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA