Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 17 Des 2021 15:44 WIB

TRAVEL NEWS

Antisipasi Varian Omicron, Bupati: Wisatawan Luar Daerah Dilarang Masuk Kudus

Dian Utoro Aji
detikTravel
Bupati Kudus HM Hartopo ditemui di Pendapa Kabupaten Kudus, Jumat (17/12/2021)
Bupati Kudus HM Hartopo ditemui di Pendapa Kabupaten Kudus, Jumat (17/12/2021). (Dian Utoro Aji/detikTravel)
Kudus -

Bupati Kudus, HM Hartopo, merespons pengumuman Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin soal kasus pertama COVID-19 varian Omicron. Kudus ditutup untuk wisatawan luar daerah.

"Karena biasanya (saat liburan hari besar Natal dan Tahun Baru (Nataru)) banyak yang tujuannya memilih wisata. Maka dari itu, tanggal tertentu wisatawan dari luar kota tidak boleh masuk ke Kudus," kata Hartopo kepada wartawan ditemui di Pendapa Kabupaten Kudus, Jumat (17/12/2021).

Hartopo mengajak masyarakat Kudus untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran virus Corona varian Omicron. Terlebih Kabupaten Kudus sempat terjadi ledakan kasus COVID-19 varian Delta pada pertengahan tahun 2021 ini.

"Omicron sebenarnya sama dengan yang kemarin (varian Delta di Kudus), antisipasi kita imbau kita sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat supaya ketat berjalan harus dijalankan. Terutama memakai masker, jangan sampai membuka masker sembarang tempat. Ini sudah kita lakukan," ujar Hartopo.

Hartopo menjelaskan pengetatan tes Corona pun terus dilakukan bagi warga Kudus.

"Ini pengetatan juga sudah kita lakukan untuk nanti kayak 3T (testing, tracing, treatment). Kita lakukan dan tentunya perkembangan untuk pengetatan di sektor wisata," ujar dia.

Dia menambahkan meminta seluruh rukun tetangga (RT) di setiap desa mengecek warganya yang pulang ke Kudus. Warga yang nekat pulang kampung dilaporkan kepada Satgas COVID-19 tingkat desa.

"Pak RT untuk siaga mengecek siapa warganya yang pulang untuk dicek," ujar Hartopo.

Sementara itu data Corona di Kudus per Jumat (17/12) kasus konfirmasi COVID-19 ada dua orang yang tengah menjalani isolasi mandiri. Adapun kasus kematian nol.

Sementara itu, total keseluruhan konfirmasi COVID-19 ada 16.739 orang, kasus sembuh ada 15.354 orang, dan meninggal dunia 1.383 orang.



Simak Video "Temuan Terkini Terkait Subvarian Omicron BN.1"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA