Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 21 Des 2021 10:40 WIB

TRAVEL NEWS

Jaga Budaya, Kudus Gelar Busana Kudusan

Dian Utoro Aji
detikTravel
Busana Kudusan.
Foto: (Dian Utoro Aji/detikTravel)

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus, Mutrikah mengatakan acara ini bertujuan untuk menggali dan melestarikan budaya adat Kudusan yang merupakan warisan tidak benda masa lampau. Apalagi kata dia di zaman sekarang banyak budaya asing yang masuk Kudus.

"Acara ini bertujuan sebagai upaya penggalian dan pelestarian budaya adat Kudusan yang merupakan warisan tak benda masa lampau agar tidak tergerus dengan budaya asing yang masuk dan yang tidak sesuai dengan budaya-budaya Kudusan," ujar Tika sapaannya saat memberikan sambutan pada acara pagelaran busana Kudusan di Pendapa Kabupaten Kudus, Senin (20/12/2021).

"Kedua mengembangkan rasa bangga terhadap budaya Kudusan bagi budaya Kudus umumnya dan generasi muda pada khususnya. Sebagai wadah ajang kreatifitas dalam mengembangkan budaya Kudusan yang agamis dan religius," sambung dia.

Tika mengatakan ada beberapa rangkaian acara pada pagelaran busana Kudusan. Mulai dari peragaan busana Kudus, penampilan wayang, hingga sarasehan budaya Kudusan.

"Materi kegiatan yang ditampilkan yakni pagelaran busana Kudusan, pagelaran suluk tajuk Menara, dan pagelaran wayang kulit, serta sarasehan budaya Kudusan dengan tema Kudus empat negara," ucapnya.

Busana Kudusan.Wayang kulit (Dian Utoro Aji/detikTravel)

Dia mengatakan pihaknya terus berupaya melestarikan budaya di Kudus. Disebutkan ada tiga penghargaan diberikan kepada Kudus dari Kementrian Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi terkait upaya melestarikan budaya pada tahun 2021 ini.

"Upaya pelestarian budaya tak benda tahun 2021 ini mendapatkan tiga penghargaan dari Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi RI berupa penetapan jamasan keris Cinthaka dan tradisi Dandangan sebagai warisan budaya Kudus serta penetapan Kampung Piji Wetan sebagai desa budaya," terang Tika.

Kesempatan yang Bupati Kudus HM Hartopo meminta kepada masyarakat untuk tetap melestarikan budaya leluhur. Dia pun mengaku berupaya untuk mematenkan warisan budaya yang ada di Kudus.

"Maka dari itu peradaban dan budaya Kudus yang perlu dikembangkan dan yang harus dipatenkan. Sementara ini budaya di Kudus ini belum dieksplor secara utuh dan ini memang perlu harus dipatenkan. Sehingga Kudus memiliki khas agar semua orang tahu," tambah Hartopo saat memberikan sambutan di Pendapa Kabupaten Kudus tadi malam.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Mengagumi Indahnya Masjid Al-Aqsha Menara Kudus"
[Gambas:Video 20detik]

(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA