Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Des 2021 12:19 WIB

TRAVEL NEWS

Turki Akan Terapkan Bebas Visa Buat Indonesia

CNN Indonesia
detikTravel
A street vendor waits for clients near the iconic Haghia Sophia, in the historic Sultan Ahmed district of Istanbul Tuesday, April 13, 2021. As Muslims around the world began marking Ramadan Tuesday, in mostly-Muslim Turkey, the month of fasting kicked off with some restrictions amid record levels of COVID-19 infections.(AP Photo/Emrah Gurel)
Turki (Foto: AP/Emrah Gurel)
Jakarta -

Pemegang paspor hijau Indonesia bakal memiliki bebas visa baru, Turki. Negara yang lagi hits di berbagai platform media sosial ini akan menerapkannya dalam waktu dekat.

Turki dikabarkan akan menerapkan aturan bebas visa bagi warga negara Indonesia yang ingin berkunjung. Pemberian bebas visa itu berdasarkan keputusan yang diterbitkan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

"Berdasarkan keputusan yang diterbitkan dengan tanda tangan Presiden Recep Tayyip Erdogan, akan diberikan pembebasan visa bagi warga negara Republik Indonesia yang memegang paspor biasa untuk perjalanan wisata dan transit dengan masa tinggal sampai dengan 30 hari, asalkan tidak tidak melebihi 90 hari dalam setiap 180 hari," bunyi laporan kantor berita Turki, Anadolu, pada Rabu (22/12).

Anadolu memaparkan keputusan itu dibuat sesuai dengan Pasal 18 Undang-Undang Turki tentang Orang Asing dan Perlindungan Internasional No.6458.

Meski begitu, hingga kini belum ada pernyataan resmi dari pemerintah Turki soal pemberlakuan bebas visa ini.

Melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com saat dikonfirmasi, Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah, mengatakan berdasarkan informasi dari KBRI Ankara rencana bebas visa Turki bagi WNI itu masih diproses lintas kementerian dan lembaga di Turki.

Dalam jumpa pers pada 12 Oktober lalu, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi juga telah mengumumkan rencana pemerintah Turki soal pemberian bebas visa ini.

Saat itu, Retno mengatakan rencana tersebut tengah digodok pemerintah Turki dan akan berlaku dalam waktu dekat.



Simak Video "Menparekraf Dukung Kebijakan Bebas Visa Kunjungan Dievaluasi Ulang"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA